19 Orang Tewas dalam ledakan di Konser Ariana Grande di Manchester

0
178
Polisi bersenjata berjaga-jaga di depan Manchester Arena, sementara pengunjung mulai meninggalkan lokasi tersebut (Foto: London News Pictures)

MANCHESTER – Sedikitnya 19 orang tewas dalam ledakan di sebuah konser di Manchester, Inggris, di mana penyanyi AS Ariana Grande tampil pada Senin (22/5) malam. Seorang pembom bunuh diri dicurigai melakukan ledakan tersebut.

Polisi Inggris mengatakan insiden yang melukai sedikitnya 50 orang tersebut diduga sebagai insiden terorisme. Polisi juga telah melakukan ledakan terkendali pada sebuah perangkat yang diduga merupakan bom beberapa jam setelah ledakan itu terjadi.

Polisi mengatakan mereka mendapat laporan ledakan sekitar pukul 10.35 malam di arena yang memiliki kapasitas untuk 21.000 orang, dan di mana Ariana Grande tampil dihadapan penonton yang kebanyakan anak-anak remaja.

Jika peristiwan ini benar sebagai insiden terorisme, maka ini akan menjadi serangan paling mematikan di Inggris sejak peristiwa bom bunuh diri yang menewaskan 52 orang di sistem transportasi London pada Juli 2005.

Ledakan ini juga terjadi dua minggu menjelang pemilihan umum di mana Perdana Menteri Theresa May memimpin jajak pendapat.

Seorang saksi yang menghadiri konser tersebut mengatakan bahwa dia merasakan ledakan besar saat dia meninggalkan arena, diikuti oleh teriakan dan desakan ribuan orang yang berusaha melarikan diri dari gedung tersebut.

“Kami mencoba keluar dan ketika kami berada tepat di dekat pintu, ada ledakan besar dan semua orang berteriak,” kata penjaga konser Catherine Macfarlane kepada Reuters.

Sementara itu, juru bicara Ariana Grande, 23, mengatakan bahwa penyanyi tersebut “baik-baik saja”.

Manchester Arena adalah arena indoor terbesar di Eropa, dibuka pada tahun 1995 dan merupakan tempat konser dan olahraga yang populer.

 

Penerjemah: M. Gauzal
Editor: Iwan S

SUMBERREUTERS
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

kereta ringan

DPR: Pemerintah Harus Tuntaskan Pembangunan LRT

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Nusirwan Soedjono menilai, pemerintah harus menuntaskan pembangunan kereta ringan Light Rail Transit...
Imunisasi

Warga Depok Kesulitan Ingin Dapatkan Imunisasi Difteri

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga di Kota Depok kesulitan ingin mendapatkan imunisasi difteri program imunisasi tanggap kejadian luar biasa kasus difteri di Indonesia atau...
Setya Novanto diperiksa KPK 2

Ahli: Praperadilan Gugur Saat Hakim Membuka Sidang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ahli hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar menyatakan bahwa sidang praperadilan dapat gugur saat Majelis Hakim membuka...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...