Wiranto: Indonesia Siap Bantu Negara Kawasan Pasifik Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Indonesia akan membantu negara-negara yang berada di kawasan Pasifik Selatan sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan.

“Bantuan yang diminta negara Pasifik Selatan seperti soal ‘capacity building’ untuk sejumlah hal seperti soal pengalaman Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai even-even internasional,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto usai Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) dengan membahas Pasifik Selatan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (23/2).

Termasuk, lanjut dia, soal bagaimana melatih kepolisian, bagaimana kerja sama perikanan, kerja sama perdagangan, dan kerja sama agrikultur di bidang rumput laut, dan lainnya.

“Itu semua memang perlu kita rapatkan. Makanya hari ini kita rapat agak besar mengundang kira-kira 43 KL (Kementerian Lembaga) yang terkait,” katanya.

Wiranto mengatakan, dalam rapat itu dirinya berbicara mengenai kerja sama dalam memberikan bantuan untuk negara Pasifik Selatan.

Rapat itu dikaitkan dengan kunjungan Wiranto pada hari ulang tahun Republik Nauru ke-50 beberapa waktu lalu. Pada kunjungan itu, Menko Polhukam bertemu dengan sejumlah kepala negara atau pemerintahan, yang memiliki pemahaman yang sama dalam membangun Pasifik Selatan.

Dengan adanya permintaan bantuan dari negara Pasifik Selatan, maka menunjukkan Indonesia sudah dianggap negara berkembang yang sangat maju.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya Indonesia untuk menguatkan hubungan karena sudah cukup lama Indonesia tidak memperhatikan soal Pasifik Selatan.

“Ini upaya kita untuk memperkuat hubungan kita dengan negara-negara di dunia. Hari ini fokusnya ke Pasifik Selatan,” ujar Retno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER