Wanita Terberat di Dunia Dioperasi di India

Diangkut pesawat kargo, diderek ke rumah sakit

MUMBAI – Usianya masih 36 tahun, namun berat tubuhnya mencapai 500 kilogram. Bisa jadi, Eman Ahmed memegang rekor dunia sebagai wanita terberat. Namun, bukannya membahagiakan, rekor dunia justru membuat wanita Mesir ini repot. Mengapa? Stroke mengancam jiwanya.

Tak pelak, Eman Ahmed dibawa ke rumah sakit India pada Senin (13/2). Tujuannya, ia menjalani prosedur bedah agar mengurangi berat badan secara drastis. Operasi ini juga bertujuan memberinya kesempatan hidup normal.

Lahir dengan berat 5 kg, badan Eman Ahmed memberat sejak usia 11 tahun. Sampai-sampai, ia putus sekolah kelas lima karena kesulitan bergerak. Keluarganya mengaku ia didiagnosis sakit kaki gajah sehingga anggota badan membengkak karena infeksi parasit. Dua tahun lalu, kondisinya memburuk akibat stroke sehingga hanya terbaring di tempat tidur dan susah bicara.

Lalu, adik perempuannya mencari bantuan dan sponsor untuk menyembuhkannya. Oktober lalu, dokter Muffazal Lakdawala di Mumbai merespons permohonan itu. Dokter spesialis operasi penurunan berat badan ini bersedia menangani Eman Ahmed.

Namun, perjalanan Eman Ahmed dari Mesir ke India tidak segampang manusia normal yang sehat. Pergi ke Mumbai ini menjadi perjalanan pertama dia ke luar rumah di Alexandria dalam 25 tahun. Perjalanan ini melibatkan logistik yang kompleks di berbagai bidang.

Awalnya, Kedutaan Besar India di Kairo menolak permintaan visa Eman Ahmed karena dia tidak bisa datang untuk wawancara. Lalu, Lakdawala pada Desember men-tweet Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj untuk menjadi jaminan. Akhirnya, dengan intervensi Menlu, visa diberikan.

Beres? Belum! …NEXT 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER