Tingginya Pelecehan Seks, India Dorong Pekerja Swasta Laporkan Lewat Online

0
95
Ilustrasi, Demo Pelecahan Seksual.

MUMBAI, SERUJI.CO.ID – Di tengah upaya global untuk menumpas pelecehan seksual di tempat kerja, India mendorong perempuan-perempuan di sektor swasta agar melaporkan pelecehan yang mereka alami melalui online di sebuah laman yang sebelumnya terbatas hanya untuk pegawai pemerintah.

Namun para aktivis mengabaikan perubahan itu dengan mengatakan bahwa laman tidak akan dapat membasmi diskrimasi berdasarkan jenis kelamin di tempat kerja, baik berupa perkataan cabul, promosi karir yang terhadang atau perlakuan tak nyaman yang kerap dihadapi perempuan.

“Ini merupakan langkah proaktif yang diambil oleh (kementerian) setelah kampanye “MeToo di media sosial seluruh dunia,” kata Maneka Gandhi, menteri urusan perempuan dan perkembangan anak-anak, dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa (8/11) waktu setempat.

“Pemerintah bertekad kuat untuk mencipatkan lingkungan aman dan adil bagi para perempuan yang bekerja,” katanya.

Laman yang dimaksud, SHe-box atau “sexual harrasment e-box”, sudah diluncurkan tahun ini dan ditujukan bagi para perempuan yang bekerja di kantor-kantor pemerintahan agar mereka dapat melaporkan keluhan atau pelecehan seksual di tempat kerja.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama