Setelah Indonesia, Fiji Juga Pulangkan Warga China Tersangka Penipuan

BEIJING – Setelah pekan lalu Indonesia memulangkan ratusan warga negara China yang diduga melakukan penipuan, kali ini Fiji juga memulangkan sebanyak 77 warga China yang ditangkap melakukan penipuan lewat telepon yang para korbannya menderita kerugian miliaran dolar.

Sebuah pesawat carter milik China Southern Airlines yang membawa para tersangka itu dikawal oleh polisi China mendarat di Changchun, ibu kota Provinsi Jilin, di bagian timur laut China, pada Sabtu (5/8), menurut Kementerian Keamanan Publik di laman resminya.

Para tersangka itu telah mengeruk keuntungan dari orang-orang yang mereka tipu sebesar enam juta yuan (900.000 dolar AS), kata kementerian itu.

Pihak berwenang China mengatakan kelompok-kelompok begundal yang berkedudukan di Taiwan berada di belakang banyak aksi kejahatan itu dan mereka mencatat 590.000 kasus pada tahun 2015. Warga China yang berada di daratan juga ditipu senilai lebih 10 miliar yuan oleh orang-orang Taiwan melalui aksi-aksi penipuan lewat telepon tiap tahun, kantor berita China Xinhua melaporkan.

Media negara China telah menyalahkan hukuman lemah yang diberlakukan di Taiwan, dan mengatakan para pelaku yang berbahasa China dari Taiwan melakukan operasi-operasi di Afrika Timur dan Asia Tenggara.

(Hrn)

Sumber:Antara

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER