Sekolah di Sydney Bolehkan Siswa Muslim Tidak Jabat Tangan Wanita

SYDNEY – Tata cara Islam semakin diterima di Australia. Setidaknya, heatst.com edisi Minggu (20/2) mengabarkan kampus Georges River College di Sydney sudah menetapkan kebijakan yang memungkinkan siswa Muslim menolak jabat tangan wanita.

Mengutip The Australian, dalam upacara penghargaan di Hurstville Boys Campus dari Georges River College, para wanita penyaji penghargaan diberitahu pimpinan kampus bahwa beberapa siswa tidak menjabat tangan karena keimanan Islam. Siswa Muslim diizinkan menempatkan tangan di depan dada untuk menunjukkan jabat tangan tanpa bersentuhan.

Juru bicara Departemen Pendidikan negara bagian New South Wales mengatakan, ini ‘protokol yang disepakati’ setelah konsultasi ekstensif dengan staf, orang tua dan, anak laki-laki di sekolah umum dengan 354 siswa usia 7-10 tahun.

“Pada hari presentasi 2016, kepala sekolah menjelaskan kepada tamu undangan bahwa beberapa siswa Muslim menempatkan tangan di dada sebagai ganti berjabat tangan,” kata juru bicara itu. “Departemen Pendidikan mensyaratkan sekolah mengakui dan menghormati budaya, bahasa dan agama dari semua siswa, dengan maksud meningkatkan sikap terbuka dan toleran terhadap komunitas Australia yang beragam.”

Presiden Australian Federation of Islamic Councils, Keysar Trad, dikutip news.com.au, menjelaskan hadits yang menjadi sumber sikap itu. Menurutnya, hadits itu bertujuan membantu kaum wanita menghindari sentuhan yang tidak diinginkan atau dibolehkan. “Ajaran Islam itu untuk menghormati dan melindungi perempuan.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER