NSW Australia Dikepung 97 Titik Api

DUNEDOO – Ketika Indonesia disibukkan banjir, Australia kena dampak cuaca panas. Beberapa desa di negara bagian New South Wales (NSW), Australia, dievakuasi saat kebakaran semak dan hutan mengancam pemukiman. Menurut pemadam kebakaran, setidaknya ada 97 titik api temasuk 37 tak terkendali. Seorang remaja 13 tahun dan pria 40 tahun, pada Ahad (12/2), didakwa memicu kebakaran.

Kondisi ini lebih buruk daripada kebakaran ‘Sabtu Hitam’ di Victoria pada 2009 yang menewaskan 173 orang. Gelombang panas kali ini mengeringkan semak sehingga gampang terbakar. Angin kencang dari gurun mengipasi bara. Lebih dari 2.000 petugas pemadam kebakaran dan relawan diterjunkan mengendalikan api.

“Ini hari terburuk dalam sejarah New South Wales. Kebakaran mencapai peringkat bahaya tertinggi,” kata Shane Fitzsimmons, kepala Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW. “Satu orang diterbangkan ke rumah sakit di Sydney karena menderita luka bakar.”

Kobaran api di timur Dunedoo menyebar cepat di tengah kondisi panas. Peringatan darurat dikeluarkan untuk beberapa daerah. Penduduk diberitahu untuk mengungsi jika bisa. Atau, mencari perlindungan dan menghindari semak atau padang rumput jika terlambat untuk mengungsi.

Cuaca panas sejak Jumat menyebabkan pembatalan acara olahraga besar dan menaikkan kebutuhan listrik. Pabrik kertas, pengolahan air, perusahaan peleburan aluminium Tomago, dan sejumlah bisnis lain menghentikan operasi sejak Jumat untuk menghemat energi.

Suhu di beberapa wilayah meningkat di atas 450C. Di Queensland, di sebelah utara New South Wales, suhu mencapai rekor lebih dari 400C. Secara keseluruhan, sebagaimana diungkap Biro Meteorologi pada Oktober 2016, suhu rata-rata Australia naik sekitar 10C sejak 1910.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER