NSW Australia Dikepung 97 Titik Api

DUNEDOO – Ketika Indonesia disibukkan banjir, Australia kena dampak cuaca panas. Beberapa desa di negara bagian New South Wales (NSW), Australia, dievakuasi saat kebakaran semak dan hutan mengancam pemukiman. Menurut pemadam kebakaran, setidaknya ada 97 titik api temasuk 37 tak terkendali. Seorang remaja 13 tahun dan pria 40 tahun, pada Ahad (12/2), didakwa memicu kebakaran.

Kondisi ini lebih buruk daripada kebakaran ‘Sabtu Hitam’ di Victoria pada 2009 yang menewaskan 173 orang. Gelombang panas kali ini mengeringkan semak sehingga gampang terbakar. Angin kencang dari gurun mengipasi bara. Lebih dari 2.000 petugas pemadam kebakaran dan relawan diterjunkan mengendalikan api.

“Ini hari terburuk dalam sejarah New South Wales. Kebakaran mencapai peringkat bahaya tertinggi,” kata Shane Fitzsimmons, kepala Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW. “Satu orang diterbangkan ke rumah sakit di Sydney karena menderita luka bakar.”

Kobaran api di timur Dunedoo menyebar cepat di tengah kondisi panas. Peringatan darurat dikeluarkan untuk beberapa daerah. Penduduk diberitahu untuk mengungsi jika bisa. Atau, mencari perlindungan dan menghindari semak atau padang rumput jika terlambat untuk mengungsi.

Cuaca panas sejak Jumat menyebabkan pembatalan acara olahraga besar dan menaikkan kebutuhan listrik. Pabrik kertas, pengolahan air, perusahaan peleburan aluminium Tomago, dan sejumlah bisnis lain menghentikan operasi sejak Jumat untuk menghemat energi.

Suhu di beberapa wilayah meningkat di atas 450C. Di Queensland, di sebelah utara New South Wales, suhu mencapai rekor lebih dari 400C. Secara keseluruhan, sebagaimana diungkap Biro Meteorologi pada Oktober 2016, suhu rata-rata Australia naik sekitar 10C sejak 1910.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.