Muslim di Chiba Siskamling Dekati Masyarakat

CHIBA – Sekelompok Muslim di Jepang meluncurkan program penjangkauan masyarakat sebagai bagian dari upaya menjembatani kesenjangan dengan penduduk setempat dan melawan persepsi yang menghubungkan Islam dengan terorisme.

Sejak akhir September 2016, belasan Muslim jamaah Masjid Hira di Chiba, pinggiran timur ibukota Tokyo, melakukan siskamling sekali atau dua kali sebulan. Patroli ini diharapkan berkontribusi terhadap keamanan sekaligus membantu meningkatkan saling pengertian dengan warga sekitar.

Sultan Mahmud, imam masjid itu, mengatakan kegiatannya mulai berbuah. “Sejak kami mulai siskamling, media Jepang meliput kami dan mahasiswa setempat mengunjungi masjid untuk belajar agama. Kami bisa bergaul lebih baik dengan tetangga,” kata pria Bangladesh berusia 49 tahun itu, dikutip Megumi Iizuka untuk kantor berita Kyodo, 28 Februari 2017.

Masjid Chiba, yang didirikan 2010, menjadi ruang ibadah bagi umat Islam setempat. Saat sholat Jumat, sekitar 50 sampai 60 jamaah datang dari berbagai tempat. Masalahnya, kedatangan orang dalam jumlah banyak itu kadang dicurigai penduduk sekitar.

Beberapa tahun lalu, ada tetangga yang berulang kali melempari batu ke masjid atau ada jamaah yang diganggu saat sholat, kata Mahmud. Warga mengaku dulunya merasa tidak nyaman ketika banyak orang asing tak dikenal berkumpul di situ.

Maka, para jamaah dan pengurus masjid merasa perlu untuk menjangkau masyarakat sekitar dan membangun hubungan baik penduduk setempat. Akibat kurangnya interaksi dengan mereka pada masa lalu mungkin menyebabkan kesalahpahaman dan konflik.

Menurut catatan Japan Halal Business Association, di Jepang ada sekitar 200.000 Muslim dan sekitar 80 masjid. Tapi, untuk bisa diterima masyarakat sekitar, butuh upaya tersendiri.

EDITOR; Omar Ballaz

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.