Menteri Myanmar Pastikan Pemulangan Rohingya Adalah Prioritas

COX’ BAZAR, SERUJI.CO.ID – Menteri Myanmar mengatakan kepada pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh pada Rabu (11/4) bahwa pemulangan mereka adalah prioritas, dalam kunjungan pertama pejabat tinggi Myanmar ke korban “pembersihan suku” oleh tentara Myanmar.

Menteri Kesejahteraan Sosial Win Myat Aye, yang memimpin upaya pemulihan di negara bagian Rakhine, bertemu dengan sekitar 50 pengungsi, yang baru tiba di kampung pengungsi Kutupalong di Bangladesh tenggara, kata Mohammad Shamsud Douza, Wakil Pejabat Pemerintah Bangladesh yang bertanggung jawab atas pengungsi.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengatakan, negaranya ingin menunjukkan kepada menteri tamu itu tantangan dalam menampung pengungsi.

Win Myat Ayat diperkirakan bertemu dengan menteri luar negeri Bangladesh di Dhaka pada Kamis (12/4).

Bangladesh ingin para pengungsi pulang sesegera mungkin dan para pejabat setempat mengatakan, pekan ini mereka berharap kunjungan menteri itu akan mempercepat pemulangan.

Namun, banyak pengungsi mengatakan mereka enggan untuk kembali ke Myanmar yang mayoritas beragama Budha, takut akan penganiayaan.

“Yang paling penting adalah memulai proses pemulangan secepat mungkin. Kita bisa mengatasi semua kesulitan,” kata Win Myat Aye saat meninggalkan pertemuan dengan perwakilan Rohingya di kamp Kutupalong.

Ketika ditanya apakah Rohingya dapat diberikan kewarganegaraan Myanmar, yang telah lama ditolak, menteri menjawab, “Kami berusaha untuk mendapatkannya.”

Myanmar telah menolak tuduhan pembersihan etnis di negara bagiannya di wilayah barat, Rakhine, mengatakan pasukan keamanannya melancarkan operasi kontra-pemberontakan yang sah pada 25 Agustus sebagai tanggapan atas serangan militan Rohingya.

Pengungsi yang tiba selama berbulan-bulan sejak itu telah melaporkan pembunuhan, pembakaran, penjarahan dan pemerkosaan oleh anggota pasukan keamanan Myanmar dan penegak aturan Buddha.

Myanmar telah memberhentikan sebagian besar laporan tersebut, tetapi militer mengatakan pada Selasa (10/4) bahwa tujuh tentara telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dengan kerja paksa, karena berpartisipasi dalam pembantaian 10 pria Muslim Rohingya di sebuah desa pada September.

Kedua negara mencapai kesepakatan pada November untuk memulai pemulangan dalam dua bulan, tetapi belum dimulai, dengan warga negara bagian Rohingya, yang menghadapi pembatasan gerak mereka di Myanmar, masih tiba di Bangladesh.

Polisi Bangladesh dengan seragam kamuflase ditempatkan di sepanjang jalan menuju kamp Kutupalong untuk memberikan keamanan bagi menteri Myanmar.

Polisi berpakaian preman berpatroli dengan berjalan kaki dan memerintahkan kendaraan menjauh dari kantor administrator kamp.

Pondok dari bambu dan terpal plastik akan sedikit menjadi tempat berlindung bagi pengungsi ketika hujan lebat dan badai menghantam Cox’s Bazar, dataran rendah berbatasan dengan Myanmar tempat kampung itu berada, ketika musim hujan tiba pada Juni. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER