Media Australia Sambut Baik Presiden Jokowi

SYDNEY – Beda dengan ketika kasus eksekusi Bali 9, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia mendapat respons positif dari media setempat. Pada April 2015, bahkan Galeri Potret Nasional di Canberra menurunkan foto Jokowi, saat eksekusi warga Australia dalam kelompok 9 yang ditangkap karena narkoba di Bali. Dalam kunjungan Jokowi pada Sabtu dan Minggu (25-26/2), media Australia relatif objektif.

Koran The Australian edisi 25 Februari memberi judul; Joko Widodo, Malcolm Turnbull mending fences. Dalam komentar berita dituliskan, “Kunjungan kenegaraan pertama Joko ‘Jokowi’ Widodo ke Australia dijadwalkan terjadi di tengah purple patch (kondisi yang tiba-tiba sangat menarik) yang langka dalam hubungan dengan Indonesia –negara tetangga yang persahabatan dan kepercayaan telah lama kita didambakan meskipun kita sesekali mengintip dari atas pagar.”

Majalah Australian Financial Review lewat situs www.afr.com memberi judul, President Joko Widodo in Australia to talk business, China and counter-terrorism. Kalimat pertama yang ditulis wartawan Lisa Murray adalah, “Para pemimpin dari Indonesia dan Australia tampaknya selalu bertemu dalam upaya untuk memperbaiki hubungan.” Ia lalu mengungkapkan sejumlah kasus antara lain; larangan ekspor ternak, kebijakan ‘stop the boats’, hingga eksekusi atas warga Australia penyelundup narkoba.

Sky News membuat judul, Widodo arrives in Australia to talk business. “Langsung ke bisnis, Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari pertama perjalanan resmi pertama ke Australia, berbicara perdagangan dan investasi dengan beberapa perusahaan terbesar di negara ini. Kedatangan Mr Widodo pada Sabtu bertepatan dengan pengumuman eksportir ternak hidup Australia akan mendapatkan akses pasar lebih baik ke Indonesia, serta janji bahwa persetujuan perdagangan yang lama ditunggu antara kedua negara akan diselesaikan tahun ini.”

Australian Broadcasting Corporation membuat judul, Joko Widodo expected to talk trade, trust, tourism and foreign tensions on Australia trip. Samantha Hawley, kepala biro di Indonesia, menuliskan, “Presiden Indonesia Joko Widodo membuat kunjungan bilateral pertama ke Australia –pertanda masalah ketegangan militer awal tahun ini telah terselesaikan dan hubungn kedua negara sudah stabil.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Selesai ?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy