Korut dan Korsel Adakan Pertemuan Puncak 27 April

0
24
Kim Jong Un

SEOUL, SERUJI.CO.ID Korea Utara dan Korea Selatan akan mengadakan pertemuan puncak pertama mereka pada 27 April 2018, kata pejabat Korea Selatan, Kamis (29/3), setelah Kim Jong-un menjanjikan penghapusan nuklir, saat tekanan berkurang di antara musuh lama itu.

Pejabat pemerintah Korsel mengumumkan tanggal pertemuan puncak itu setelah mengadakan pembicaraan antar-pejabat dengan timpalan Korut mereka pada Kamis (29/3).

Kedua Korea itu pada awal bulan ini sepakat mengadakan pertemuan puncak di perbatasan, desa gencatan senjata, Panmunjom ketika Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirim perutusan ke Pyongyang untuk bertemu pemimpin Korut Kim Jong-un.

Pembicaraan pada Kamis (29/3) adalah yang pertama antara kedua Korea itu sejak perutusan tersebut kembali dari Korut.

Pernyataan bersama dari perundingan mengatakan kedua Korea tersebut akan mengadakan rapat kerja pada 4 April untuk membahas rincian pertemuan puncak, seperti dukungan staf, keamanan dan rilis berita.

Tidak ada rincian mengenai agenda pertemuan puncak yang dirilis, dengan Menteri Unifikasi Cho Myong-gyon mengatakan, kedua belah pihak sepakat bahwa lebih banyak waktu diperlukan untuk menyelesaikan rincian, meskipun mereka telah bertukar pendapat tentang agenda “sepenuhnya” pada Kamis (29/3).

Cho mengatakan agenda pertemuan puncak sebagian besar akan membahas denuklirisasi semenanjung Korea dan peningkatan hubungan antar-Korea, tetapi menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

“Kami masih memiliki cukup banyak masalah untuk diselesaikan pada rapat kerja untuk persiapan selama bulan depan,” kata Ri Son-gwon, Ketua Komite Korut untuk penyatuan kembali negara secara damai dalam pidato penutupan kepada delegasi Korsel.

“Namun jika kedua belah pihak sangat memahami makna dan makna bersejarah dari pertemuan puncak ini dan memberikan segalanya, kami akan dapat menyelesaikan semua masalah dengan cepat dan damai,” tambah Ri.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...

Polres Lebak Jamin Bebas Miras dan Narkoba

LEBAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Lebak menjamin bebas dari minuman keras dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di daerah itu dengan mengoptimalkan...

TNI Terus Kejar KKSB di Distrik Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Dansatgas Terpadu Penanganan KKSB, Kolonel Infanteri Frits Pelamonia mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata di area...

Korea Utara Akan Hentikan Uji Nuklir

SEOUL, SERUJI.CO.ID - Menjelang temu puncak dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, Korea Utara akan menangguhkan uji nuklir dan peluru kendali sesegera mungkin serta...
Rohingya

Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Pangan ke Pengungsi Rohingya

BIREUN, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Aceh Provinsi menyalurkan bantuan pangan dan sandang kepada para pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, yang kini berada di penampungan Gedung SKB...