Korut dan Korsel Adakan Pertemuan Puncak 27 April

0
49
Presiden Korea Utara, Kim Jong Un (foto:istimewa)

SEOUL, SERUJI.CO.ID Korea Utara dan Korea Selatan akan mengadakan pertemuan puncak pertama mereka pada 27 April 2018, kata pejabat Korea Selatan, Kamis (29/3), setelah Kim Jong-un menjanjikan penghapusan nuklir, saat tekanan berkurang di antara musuh lama itu.

Pejabat pemerintah Korsel mengumumkan tanggal pertemuan puncak itu setelah mengadakan pembicaraan antar-pejabat dengan timpalan Korut mereka pada Kamis (29/3).

Kedua Korea itu pada awal bulan ini sepakat mengadakan pertemuan puncak di perbatasan, desa gencatan senjata, Panmunjom ketika Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirim perutusan ke Pyongyang untuk bertemu pemimpin Korut Kim Jong-un.

Pembicaraan pada Kamis (29/3) adalah yang pertama antara kedua Korea itu sejak perutusan tersebut kembali dari Korut.

Pernyataan bersama dari perundingan mengatakan kedua Korea tersebut akan mengadakan rapat kerja pada 4 April untuk membahas rincian pertemuan puncak, seperti dukungan staf, keamanan dan rilis berita.

Tidak ada rincian mengenai agenda pertemuan puncak yang dirilis, dengan Menteri Unifikasi Cho Myong-gyon mengatakan, kedua belah pihak sepakat bahwa lebih banyak waktu diperlukan untuk menyelesaikan rincian, meskipun mereka telah bertukar pendapat tentang agenda “sepenuhnya” pada Kamis (29/3).

Cho mengatakan agenda pertemuan puncak sebagian besar akan membahas denuklirisasi semenanjung Korea dan peningkatan hubungan antar-Korea, tetapi menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

“Kami masih memiliki cukup banyak masalah untuk diselesaikan pada rapat kerja untuk persiapan selama bulan depan,” kata Ri Son-gwon, Ketua Komite Korut untuk penyatuan kembali negara secara damai dalam pidato penutupan kepada delegasi Korsel.

“Namun jika kedua belah pihak sangat memahami makna dan makna bersejarah dari pertemuan puncak ini dan memberikan segalanya, kami akan dapat menyelesaikan semua masalah dengan cepat dan damai,” tambah Ri.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...