Kereta Api Terguling di Taiwan: Dari 18 Tewas, Belum Ada Laporan TKI Ikut Jadi Korban

BEIJING, SERUJI.CO.ID – Hingga Senin (22/10) pagi belum ada laporan mengenai warga negara Indonesia yang menjadi korban tergulingnya kereta api di Taiwan pada Ahad (21/10) kemarin.

Otoritas setempat baru akan merilis data korban tewas akibat kecelakaan maut setelah proses identifikasi selesai, demikian keterangan Kekonsuleran Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei.

Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan juga belum mendapatkan laporan mengenai korban jiwa dari anggotanya.

“Sampai pagi ini tidak ada laporan korban TKI,” kata anggota Satgas TKI Taiwan, Agus Susanto dalam pesan singkatnya, sebagaimana dilansir Antara hari ini, Senin (22/10).


Hingga Ahad (21/10) pukul 23.00 waktu setempat (22.00 WIB), jumlah korban tewas dalam peristiwa itu sebanyak 18 orang dan luka-luka 168 orang.

KA Puyuma Express yang berangkat dari Stasiun Shulin menuju Kabupaten Taitung dengan membawa 366 penumpang keluar dari relnya saat melintas di dekat Stasiun Xinma, Kabupaten Yilan (wilayah timur laut), pada pukul 16.50 waktu setempat (17.50 WIB).

Delapan gerbong terguling dan melintang di atas rel. Sedangkan lima gerbong lainnya masih tetap dalam posisi semula.

Peristiwa nahas yang dialami kereta semi cepat lintas pesisir Pulau Formosa itu merupakan catatan terburuk kecelakaan di lintasan kereta api di Taiwan dalam tiga dasawarsa terakhir.

BACA JUGA:  400.000 Orang Diungsikan Akibat Banjir dan Longsor di Jepang

Para korban luka, termasuk seorang warga negara Amerika Serikat, langsung dilarikan ke Rumah Sakit St Mary, Luodong, untuk mendapatkan perawatan, demikian laporan kantor berita resmi Taiwan, CNA.

KA Puyuma digemari wisatawan karena melintasi jalur-jalur objek wisata, termasuk Hualien yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik.

Kereta berwarna putih dengan “livery” merah itu digerakkan dengan listrik di jalur ganda Shulin-Taitung yang bisa melaju dengan kecepatan maksimum 130 kilometer per jam.

Sebagian besar jalur yang dilintasi KA Puyuma tidak dilalui kereta cepat (THSR) dari Taipei menuju Kaohsiung di wilayah selatan.

Para TKI di Taiwan yang saat ini jumlahnya diperkirakan mencapai 250.000 orang biasa memanfaatkan libur akhir pekan Sabtu-Ahad dengan berekreasi dan bertemu sesama rekan seperantauan.

Biasanya pada Ahad sore mereka sudah kembali ke tempat kerja dengan menggunakan kereta api. Namun kereta api yang celaka itu melintas dari arah Taipei menuju Hualien, bukan dari arah sebaliknya yang biasanya pada Ahad sore hingga malam sarat penumpang arus balik menuju Taipei dan sekitarnya.

Penyebab kecelakaan yang menimpa kereta api yang dioperasikan oleh Taiwan Railways Administration (TRA) itu masih dalam penyelidikan. (Ant/SU01)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Inilah Tips “Centenarian” untuk Tetap Sehat dan Bugar di Usia Tua

Kakek tua yang sudah berusia 82 tahun ini, aktifitas dan kesehatannya tak kalah dengan yang usia muda, inilah rahasianya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi