Jepang Tangkap Gelombang Radio, Diduga Uji Rudal Balistik Korut

0
58
Rudal Korut
Uji coba rudal Korea Utara memecah kekuatan dunia. (Foto: Huffington Post)

TOKYO, SERUJI.CO.ID – Jepang menangkap gelombang radio, yang menunjukkan Korea Utara mungkin bersiap meluncurkan kembali peluru kendali balistik, kata nara sumber pemerintah Jepang, Selasa (28/11).

Meskipun menangkap sesuatu, gelombang semacam itu tidak biasa dan gambar satelit tidak menunjukkan kegiatan baru.

Dengan kecepatan menembakkan peluru kendali sekitar dua atau tiga bulan sejak April, peluncuran pada September ditunda, setelah Pyongyang menembakkan roket melewati pulau Hokkaido di Jepang utara.

“Temuan itu tidak cukup membuktikan bahwa peluncuran segera terjadi,” kata sumber tersebut kepada Reuters.

Kantor berita Jepang Kyodo pada Senin malam melaporkan bahwa pemerintah Jepang waspada setelah menangkap sinyal radio tersebut, menunjukkan peluncuran bisa dilakukan dalam beberapa hari. Laporan tersebut juga mengatakan bahwa sinyal tersebut mungkin terkait dengan pelatihan militer musim dingin oleh militer Korea Utara.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap, mengutip sumber pemerintah Korea Selatan, juga melaporkan bahwa pejabat intelijen Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang baru-baru ini mendeteksi tanda-tanda kemungkinan peluncuran rudal tersebut dan telah bersiaga.

Ketika ditanya tentang laporan media, juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning, mengatakan kepada wartawan bahwa AS terus mengawasi Korea Utara dengan sangat teliti.

“Itu adalah upaya diplomatik pada saat ini, didukung oleh pilihan militer. Aliansi Republik Korea dan AS tetap kuat dan mampu melawan provokasi atau serangan Korea Utara,” katanya.

Dua sumber pemerintah AS yang akrab dengan penilaian resmi pada kemampuan dan aktivitas Korea Utara mengatakan bahwa sementara ini mereka tidak segera mengetahui adanya temuan intelijen baru-baru ini yang menunjukkan bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan untuk meluncurkan tes rudal baru.

Pemerintah AS tidak akan terkejut jika tes tersebut dilakukan dalam waktu dekat.

Pejabat intelijen AS lain mengatakan bahwa Korea Utara sebelumnya mengirimkan tanda persiapan uji peluru kendali dan nuklir, yang menyesatkan dengan sengaja untuk menutupi persiapan nyata, dan untuk menguji intelijen AS dan sekutu. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...