Jepang Diguncang Gempa, 2 Orang Tewas


TOKYO, SERUJI.CO.ID –  Seorang pria tua dan gadis muda tewas, dengan beberapa orang lain juga akibat henti jantung , setelah bangunan-bangunan runtuh dalam gempa berkekuatan 6,1 skala Richter yang menghantam Osaka, Jepang barat, Senin (18/6), demikian siaran publik NHK.

Jepang tidak mengonfirmasi kematian hingga pemeriksaan formal telah dilakukan dan umumnya menggunakan istilah “cardiopulmonary arrest” (henti jantung) dalam kasus seperti itu. NHK mengatakan seorang pria berusia 80 tahun dan seorang gadis berusia sembilan tahun tewas akibat dinding-dinding bangunan yang runtuh.

Cuplikan rekaman langsung menunjukkan aliran air menyembur dan rumah terbakar setelah gempa menghantam metropolitan terbesar kedua Jepang sebelum pukul 08.00 (06.00 WIB) saat komuter sedang menuju tempat kerja.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan, pemerintah sedang meninjau kerusakan dan prioritas utamanya adalah keselamatan warga.

Episentrum gempa berada di bagian utara prefektur, menurut Badan Meteorologi Jepang. Badan tersebut awalnya menempatkan besarnya gempa 5,9 SR, tetapi kemudian menaikkannya menjadi 6,1 SR. Tidak ada peringatan tsunami yang dirilis.

Kansai Electric Power mengatakan tidak ada penyimpangan yang terdeteksi di pembangkit nuklir Mihama, Takahama dan Ohi setelah gempa. Kansai juga mengatakan lebih dari 170 ribu rumah tangga tanpa listrik di Osaka dan Prefektur Hyogo yang berdekatan.

Daihatsu Motor Co., unit Toyota Motor Corp. yang berbasis di Osaka, mengatakan pihaknya telah menghentikan produksi di pabriknya di Osaka dan Kyoto ketika mereka meninjau kerusakan.

Sharp Corp. mengatakan bahwa pabrik yang dimiliki langsung di daerah itu beroperasi seperti biasa, tetapi sebuah pabrik usaha patungan dengan perusahaan induk Hon Hai Precision Industry mengatakan telah menghentikan operasi untuk pemeriksaan keamanan.

“Kami sedang tidur dan itu membangunkan kami tiba-tiba,” kata Kate Kilpatrick, 19, yang tinggal di sebuah hotel di Osaka ketika gempa menghantam.

“Itu sangat menakutkan karena ini adalah gempa pertama saya. Saya pikir itu adalah mimpi buruk karena saya sangat bingung. Seluruh dunia bergetar dengan agresif,” katanya.

Kilpatrick, yang mengunjungi Jepang untuk pertama kalinya dari Amerika Serikat, mengatakan peringatan segera berbunyi di hotel dan pengeras suara memberitahu tamu agar menjauh dari jendela.

Osaka akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 tahun depan.

Gempa berkekuatan 9 skala Richter melanda Jepang timur laut pada 11 Maret 2011, memicu tsunami besar yang menewaskan sekitar 18.000 orang dan memicu bencana nuklir terburuk di dunia dalam seperempat abad di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di Tokyo Electric Power. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diakuisisi atau Mengakuisisi: Satu Demi Satu Jatuh ke Tangan Asing

Suatu saat Anda didatangi oleh manajer pengembangan usaha Unilever menawari Anda untuk membeli 100% saham perusahaan Anda dengan harga 25 tahun laba alias Rp250 miliar. Anda dipersilakan pensiun dengan menikmati laba 25 tahun kedepan dalam bentuk uang tunai. Anda tertarik tidak? Ngiler tidak?

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close