Jepang Diguncang Gempa, 2 Orang Tewas

TOKYO, SERUJI.CO.ID –  Seorang pria tua dan gadis muda tewas, dengan beberapa orang lain juga akibat henti jantung , setelah bangunan-bangunan runtuh dalam gempa berkekuatan 6,1 skala Richter yang menghantam Osaka, Jepang barat, Senin (18/6), demikian siaran publik NHK.

Jepang tidak mengonfirmasi kematian hingga pemeriksaan formal telah dilakukan dan umumnya menggunakan istilah “cardiopulmonary arrest” (henti jantung) dalam kasus seperti itu. NHK mengatakan seorang pria berusia 80 tahun dan seorang gadis berusia sembilan tahun tewas akibat dinding-dinding bangunan yang runtuh.

Cuplikan rekaman langsung menunjukkan aliran air menyembur dan rumah terbakar setelah gempa menghantam metropolitan terbesar kedua Jepang sebelum pukul 08.00 (06.00 WIB) saat komuter sedang menuju tempat kerja.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan, pemerintah sedang meninjau kerusakan dan prioritas utamanya adalah keselamatan warga.


Episentrum gempa berada di bagian utara prefektur, menurut Badan Meteorologi Jepang. Badan tersebut awalnya menempatkan besarnya gempa 5,9 SR, tetapi kemudian menaikkannya menjadi 6,1 SR. Tidak ada peringatan tsunami yang dirilis.

Kansai Electric Power mengatakan tidak ada penyimpangan yang terdeteksi di pembangkit nuklir Mihama, Takahama dan Ohi setelah gempa. Kansai juga mengatakan lebih dari 170 ribu rumah tangga tanpa listrik di Osaka dan Prefektur Hyogo yang berdekatan.

Daihatsu Motor Co., unit Toyota Motor Corp. yang berbasis di Osaka, mengatakan pihaknya telah menghentikan produksi di pabriknya di Osaka dan Kyoto ketika mereka meninjau kerusakan.

Sharp Corp. mengatakan bahwa pabrik yang dimiliki langsung di daerah itu beroperasi seperti biasa, tetapi sebuah pabrik usaha patungan dengan perusahaan induk Hon Hai Precision Industry mengatakan telah menghentikan operasi untuk pemeriksaan keamanan.

“Kami sedang tidur dan itu membangunkan kami tiba-tiba,” kata Kate Kilpatrick, 19, yang tinggal di sebuah hotel di Osaka ketika gempa menghantam.

“Itu sangat menakutkan karena ini adalah gempa pertama saya. Saya pikir itu adalah mimpi buruk karena saya sangat bingung. Seluruh dunia bergetar dengan agresif,” katanya.

Kilpatrick, yang mengunjungi Jepang untuk pertama kalinya dari Amerika Serikat, mengatakan peringatan segera berbunyi di hotel dan pengeras suara memberitahu tamu agar menjauh dari jendela.

Osaka akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 tahun depan.

Gempa berkekuatan 9 skala Richter melanda Jepang timur laut pada 11 Maret 2011, memicu tsunami besar yang menewaskan sekitar 18.000 orang dan memicu bencana nuklir terburuk di dunia dalam seperempat abad di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di Tokyo Electric Power. (Ant/Su02)

KONSULTASI

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Bantah Ada Persekusi Jurnalis di Munajat 212, Panitia: Ada Upaya Framing Negatif

Panitia Munajat 212 menduga ada upaya pengalihan isu dan framing negatif terhadap acara 'Munajat 212'.

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Sesalkan Persekusi Terhadap Jurnalis Saat Acara ‘Munajat 212’, PWI Minta Polisi Usut Tuntas

PWI kecam kekerasan terhadap jurnalis saat acara Munajat 212, minta polisi usut tuntas.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

AJI Kecam Oknum Beratribut Ormas Lakukan Kekerasan Pada Jurnalis Saat Munajat 212

Sejumlah jurnalis mengalami persekusi yang diduga dilakukan oknum dengan atribut sebuah ormas saat acara Malam Munajat 212.

Kampanye di Lembaga Pendidikan, Caleg PSI Ditetapkan Sebagai Tersangka

Caleg PSI jadi tersangka pidana pemilu.

The Habibie Center: Sudirman Harus Buktikan Pertemuan Rahasia Jokowi-Bos Freeport

Pengamat menilai Sudirman harus ungkap bukti-bukti dari pernyataannya, apalagi ada yang bertolak belakang dari yang disampaikan pada 2015 silam.

Ulama dan Tokoh Politik Bersama Ummat Penuhi Kawasan Monas dalam Munajat 212

Kawasan monas dipenuhi ummat yang hadiri Munajat 212.

Ombudsman Tegaskan Lahan Prabowo Bukan HGU Tapi HPHTI

Akhirnya setelah ditelusuri, Ombudsman memastikan lahan yang dikuasai Prabowo adalah HPHTI, bukan HGU.

TERPOPULER

Jusuf Kalla Imbau Tidak Gunakan Masjid Sebagai Tempat Kampanye

Jusuf Kalla imbau masjid jangan digunakan untuk kampanye. Setuju kan?

Dua Anak Presiden Ini Juga Mencuit Saat Prabowo “Ragu” Soal Unicorn

Ramai soal unicorn, dua anak Presiden ini pun ikut nimbrung dengan cuitannya.

Jelang Debat Capres, Relawan Bershalawat di Depan Kediaman Prabowo

Relawan pendukung Prabowo-Sandiaga melantunkan shalawat dan takbir di depan kediaman calon presiden Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Ahad (17/2) malam.

BPN Nilai Moderator Rusak Suasana Karena Potong Pembicaraan Capres Yang Lebihi Waktu

BPN keberatan dengan seringnya moderator menghentikan pembicaraan capres yang telah habis jatah waktunya.

Survei LSI: Kembali Diprediksi Tak Lolos ke Senayan, Inilah Elektabilitas PSI

PSI tetap diperkirakan tidak lolos ke Senayan.