DK PBB Kecam Uji Coba Rudal Korea Utara di Laut Jepang

0
68
korea utara
Persenjataan rudal Korea Utara dalam sebuah parade di Pyongyang. (Foto: GettyImages)

KOREA UTARA – Dewan Keamanan PBB pada hari Senin (15/5/2017) mengecam keras uji coba rudal balistik terbaru Korea Utara, dan berjanji akan mengambil tindakan lebih lanjut termasuk memberikan sanksi sebagai tanggapan atas tindakan yang mengancam stabilisasi wilayah oleh Pyongyang.

“Tindakan ini melanggar resolusi Dewan Keamanan dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicaranya, dilansir dari ChannelNewsAsia, Selasa (16/5).

Dalam pernyataan bulat yang juga didukung oleh China, dewan tersebut menekankan pentingnya Korea Utara untuk segera menunjukkan komitmennya dalam melakukan de-nuklirisasi melalui tindakan nyata.

Anggota dewan menuntut agar Korea Utara “tidak melakukan ujicoba rudal nuklir dan balistik lagi” yang tampaknya merupakan peringatan terakhir bagi Korea Utara sebelum gelombang baru sanksi dikenakannya.

Sebelumnya, Korea Utara pada hari Ahad (14/5/2017) menguji rudal balistik dengan jarak terjauh yang ada hingga saat ini, dengan mengklaim bahwa rudal tersebut mampu membawa hulu ledak nuklir berat.

Pyongyang telah melakukan dua kali tes atom dan puluhan peluncuran rudal sejak awal tahun lalu dalam upaya mengembangkan rudal yang mampu mengantarkan hulu ledak nuklir ke daratan Amerika Serikat.

Dewan Keamanan PBB telah memberikan dua sanksi tahun lalu untuk meningkatkan tekanan terhadap Pyongyang dan mencegah pemimpin Korut Kim Jong-Un dari pembiayaan yang dibutuhkan untuk mendanai program militernya.

Secara keseluruhan, enam paket sanksi telah dikenakan ke Korea Utara sejak pertama kali mereka menguji perangkat atom pada tahun 2006. Di bawah resolusi PBB, Korea Utara dilarang mengembangkan teknologi nuklir dan rudal. (M. Gauzal Asnawi)

 

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Tunjuk Subangkit Latih Tim U-19

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menunjuk mantan pelatih tim senior Subangkit untuk mengarsiteki Tim Under-19 musim kompetisi 2018. Direktur Pengembangan Sriwijaya FC Bambang Supriyanto di Palembang,...

Arus Balik di Bandara Sultan Mahmud Badarudin Melonjak

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pengguna jasa angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Sumatera Selatan pada arus balik tiga hari setelah Hari Raya...
Kecelakaan

Mobil Dinas Bawa 10 Penumpang Masuk Jurang

PARIGI, SERUJI.CO.ID - Salah satu mobil dinas milik Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah masuk ke jurang di kilometer 11 ruas Toboli-Tawaeli, Kabupaten Parigi Moutong,...
Orang tenggelam

Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai Mukomuko

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID -  Warga yang berkunjung ke objek wisata pantai dan danau di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada libur Idul Fitri 1439 hijriah diimbau tidak...
tenggelam

Dua Wisatawan Hilang Tenggelam di Laut Selatan Sukabumi

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID -  Dua wisatawan yang tengah berlibur di laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di dua lokasi berbeda hilang tenggelam saat sedang berenang bersama...