Cuaca Ekstrim di Sri Lanka, 3 Tewas

KOLOMBO, SERUJI.CO.ID – Tiga orang tewas dan lebih dari 8.000 orang lagi terpengaruh saat hujan lebat dan angin kencang menerpa seluruh Sri Lanka sejak Sabtu (19/5), sehingga para pejabat penanganan bencana disiapkan guna melakukan pengungsian yang mungkin dilakukan.

Ketiga orang yang tewas, yang disebabkan oleh petir, dilaporkan dari Kabupaten Trincomalee Timur dan di perbukitan daratan rendah di bagian tengah negeri itu, Badulla, kata Pusat Penanganan Bencana (DMC) pada Ahad (20/5).

Tak kurang dari 252 orang telah diungsikan ke tempat yang lebih aman sejak akhir pekan lalu, sementara lebih dari 200 rumah mengalami kerusakan sebagian atau seluruhnya akibat cuaca ekstrem.

Juru Bicara DMC Pradeep Kodippili mengatakan hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 100 milimeter sudah mengguyur seluruh beberapa bagian tengah dan selatan negeri tersebut.

“Jika hujan berlanjut, permukaan air di tiga sungai utama di negeri ini akan melewati tanggul, sehingga air merendam daerah di dekatnya,” katanya.

Ia menambahkan rakyat diminta siaga terhadap bencana semacam itu dan mesti siap untuk diungsikan.

Ia juga mengatakan warga diminta untuk tetap siaga terhadap tanah longsor dan batu yang berjatuhan di perbukitan di bagian tengah negeri itu akibat hujan lebat.

Sri Lanka menghadap musim hujan tahunan di bagian barat-dayanya, sementara Departemen Meteorologi di dalam laporan-cuaca terkininya memperingatkan hujan lebat masih mengguyur beberapa kabupaten di seluruh negeri tersebut dalam beberapa hari ke depan.

“Kondisi musim hujan Baratdaya makin kuat di pulau ini. Hujan sangat lebat, sebanyak 150 milimeter, diperkirakan turun di beberapa daerah di Provinsi Sabragamuwa, sementara hujan lebat dengan curah hujan di atas 100 milimeter diperkirakan mengguyur beberapa tempat, terutama di Provinsi Barat Tengah dan Uva dan di Kabupaten Matara serta Galle,” kata laporan-cuaca terkini.

Departemen Meteorologi Sri Lanka juga memperingatkan masyarakat agar ekstra hati-hati guna memperkecil kerugian akibat sambaran petir.

Lebih dari 200 orang tewas dan 78 orang lagi hilang ketika musim hujan Baratdaya mengakibatkan banjir parah dan tanah longsor di seluruh Sri Lanka tahun lalu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER