Cina Dihantui Flu Burung Lagi

BEIJING – Pihak berwenang Cina berusaha mengendalikan lonjakan infeksi flu burung H7N9. Setelah korban bertumbangan, aparat menutup pasar unggas hidup di seluruh negeri. Dikonfirmasi, terjadi delapan kematian dan 77 kasus terjangkit virus H7N9 pada Februari. Kematian terbaru melibatkan wanita usia 20-an dan anak perempuannya yang kontak dengan unggas hidup.

Burung liar di angkasa pun berjatuhan karena kena virus. (foto: @thesecondgreatestman)

Kantor berita resmi Xinhua, edisi Sabtu (18/2), mencatat pada Januari 192 orang kena virus H7N9 dan 79 di antaranya meninggal. Strain H7N9 adalah virus burung yang dapat menulari manusia akibat kontak dengan unggas hidup atau baru mati.

Hampir semua infeksi berasal dari kontak langsung manusia dengan unggas. Para pakar khawatir virus bermutasi menjadi jenis yang mudah berpindah di antara manusia. Sementara, di pedesaan dan kota kecil, banyak warga memilih beli unggas (ayam, bebek dan angsa) hidup untuk disembelih di tempat atau di rumah.

Komisi Keluarga Berencana dan Kesehatan Cina telah melarang penjualan unggas hidup di beberapa daerah di timur, selatan dan barat daya Cina. Provinsi Zhejiang bahkan memerintahkan semua pasar unggas-hidup ditutup.

Wabah pertama H7N9 pada manusia terjadi 2013 di Cina. Setiap musim dingin dan musim semi, selalu ada lonjakan kasus baru. Wabah tahun ini paling mematikan dalam empat tahun. Pada Januari 2016, otorita kesehatan Cina mencatat 28 infeksi pada manusia, termasuk lima kematian. Sejak November, ada 355 kasus H7N9 di Cina daratan.

Selain wabah flu burung, Cina juga dilanda wabah SARS (sindrom pernapasan akut parah) pada 2003. Dua wabah itu mengoyak kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah karena sejumlah pejabat senior menyembunyikan info penyebarannya. Setidaknya, 336 orang tewas di Cina akibat wabah itu, dan ratusan lainnya meninggal di luar negeri.

Sejak itu, pemerintah Cina meningkatkan pemantauan terhadap penyakit menular. Di kota Chongqing, di barat daya Cina, tiga orang ditahan polisi karena menyebarkan rumor bahwa flu burung telah ditemukan di sana.

EDITOR; Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy