China Luncurkan Satelit Jelajahi Sisi Gelap Bulan

SHANGHAI, SERUJI.CO.ID – China meluncurkan satelit relai yang dirancang untuk membangun hubungan komunikasi antara bumi dan bulan pada Senin (21/5), yang direncanakan akan menjelajahi sisi gelap bulan, kantor berita resmi Xinhua menyampaikan.

Mengutip Administrasi Ruang Angkasa Nasional China, Xinhua melaporkan bahwa satelit itu diluncurkan pada pukul 5:28 pagi (21.28 GMT, Ahad) dengan menggunakan roket Long March-4C dari pusat peluncuran Xichang di barat daya negara itu.

“Peluncuran ini merupakan langkah kunci bagi China untuk mewujudkan tujuannya menjadi negara pertama yang mengirim penyelidikan dengan mendarat dan menjelajahi sisi jauh dari bulan,” kata Xinhua mengutip Zhang Lihua, manajer proyek satelit relai.

Satelit yang dikenal sebagai Queqiao atau Jembatan Magpie ini, akan menetap di orbit setinggi sekitar 455.000 km dari bumi dan akan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

China bertujuan untuk mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan ruang angkasa terbesar pada tahun 2030.

China berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun angkasa berawak sendiri tahun depan.

Namun, sementara China bersikeras bahwa ambisinya murni bermaksud dengan damai, Departemen Pertahanan AS telah menuduh mereka melakukan kegiatan yang bertujuan mencegah negara-negara lain menggunakan aset berbasis ruang selama krisis. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Skyline Message

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER