China-Korut Bahas Isu Denuklirisasi

0
57
Xi Jinping dan Kim Jong Un (foto: istimewa)

BEIJING, SERUJI.CO.ID –┬áPresiden China Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un membahas isu denuklirisasi di Semenanjung Korea selama kunjungan tidak resminya di Beijing pada Ahad (25/3) hingga Rabu (28/3).

Presiden China Xi menyatakan bahwa China tetap berpegang teguh pada cita-cita denuklirisasi di Semenanjung, menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan, serta mengatasi persoalan bersama melalui dialog dan konsultasi.

China menyerukan semua pihak untuk mendukung peningkatan hubungan Korea Utara-Korea Selatan dan melakukan tindakan konkret guna memfasilitasi pembicaraan damai.

Xi yang juga Sekjen Partai Komunis China (PKC) berjanji akan menjalankan peran konstruktif pada isu Semenanjung dan bekerja bersama semua pihak, termasuk Korut, guna menciptakan stabilitas kawasan.

Sementara Kim menyatakan bahwa situasi Semenanjung Korea mulai membaik setelah Korut berinisiatif meredakan situasi dan mengajukan usulan pembicaraan damai.

“Kami konsisten untuk menjalankan denuklirisasi di Semenanjung sebagaimana cita-cita mendiang Kim Il Sung (mantan pemimpin Korut) dan Kim Jong Il (mantan Sekjen Partai Buruh Korut/WPK),” ujarnya.

Kim memastikan perubahan hubungan intra-Korea menjadi kemitraan rekonsiliasi dan kerja sama serta kedua belah akan menggelar pertemuan tingkat tinggi.

Korut ingin berdialog dengan Amerika Serikat dan menggelar pertemuan tingkat tingggi, demikian Kim.

“Isu denuklirisasi Semenanjung Korea dapat teratasi jika Korsel dan AS menanggapi upaya kami yang disertai itikad baik, menciptakan atmosfer perdamaian, dan stabilitas kawasan melalui langkah-langkah progresif dan sinkronisasi untuk menciptakan perdamaian,” kata Kim yang juga Ketua Umum WPK itu.

Korut berharap adanya peningkatan hubungan strategis dengan China selama proses tersebut, saling berkonsultasi, dan berdialog guna terciptanya stabilitas kawasan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU