Alibaba Beri Pembekalan “E-Commerce” Kepada Delegasi Indonesia

BEIJING, SERUJI.CO.ID –¬†Sejumlah remaja dari Indonesia mendapatkan pembekalan mengenai sistem perdagangan berbasis elektronik, atau “e-commerce” selama dua hari di Taman Xixi milik Alibaba Group Holding Ltd di Hangzhou, China.

Pelatihan di markas utama Alibaba, salah perusahaan “e-commerce” terbesar di dunia, pada Senin (28/1) hingga Selasa (29/1) itu di bawah koordinasi perusahaan logistik global J&T yang beroperasi di Indonesia.

Sebanyak 147 delegasi dari platform “e-commerce” dari Indonesia, seperti Tokopedia dan Bukalapak tersebut mendapatkan pelatihan tentang rancangan tampilan agar mudah dipahami audiens dalam mempromosikan produk baru melalui “e-commerce”, demikian media resmi China melaporkan, Kamis (1/2).

Selain itu, mereka juga diajari sistem penataan gudang, sistem manajemen, dan pengaturan tim dalam menjalankan bisnis tersebut oleh raksasa “e-commerce” itu.

Jack Ma selaku CEO Alibaba telah menjadi idola baru bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Sejumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (start up) dan para pedagang berbasis daring di Indonesia mempelajari pengalaman China dalam bisnis tersebut, tulis China Daily.

Taobao dan TMall yang dioperasikan oleh Alibaba telah mengubah gaya hidup masyarakat daratan Tiongkok. Kedua platform tersebut telah menjadi bagian dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat karena selain mudah didapat dan efisien dari segi waktu dan biaya, barang-barang yang ditawarkan Taobao dan TMall lebih beragam.

Meskipun petunjuk dan pengoperasian aplikasinya menggunakan Bahasa Mandarin, tidak sedikit warga negara asing di China yang berbelanja melalui Taobao dan TMall.

Alibaba merupakan salah satu retailer “e-commerce” terbesar di dunia sejak April 2016 yang beroperasi di lebih dari 200 negara.

Pada 2017 perusahaan yang juga mengendalikan operasional platform belanja Lazada di kawasan Asia Tenggara tersebut mencapai 158,273 miliar RMB (Rp316 triliun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER