Alibaba Beri Pembekalan “E-Commerce” Kepada Delegasi Indonesia

BEIJING, SERUJI.CO.ID – Sejumlah remaja dari Indonesia mendapatkan pembekalan mengenai sistem perdagangan berbasis elektronik, atau “e-commerce” selama dua hari di Taman Xixi milik Alibaba Group Holding Ltd di Hangzhou, China.

Pelatihan di markas utama Alibaba, salah perusahaan “e-commerce” terbesar di dunia, pada Senin (28/1) hingga Selasa (29/1) itu di bawah koordinasi perusahaan logistik global J&T yang beroperasi di Indonesia.

Sebanyak 147 delegasi dari platform “e-commerce” dari Indonesia, seperti Tokopedia dan Bukalapak tersebut mendapatkan pelatihan tentang rancangan tampilan agar mudah dipahami audiens dalam mempromosikan produk baru melalui “e-commerce”, demikian media resmi China melaporkan, Kamis (1/2).

Selain itu, mereka juga diajari sistem penataan gudang, sistem manajemen, dan pengaturan tim dalam menjalankan bisnis tersebut oleh raksasa “e-commerce” itu.

Jack Ma selaku CEO Alibaba telah menjadi idola baru bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Sejumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (start up) dan para pedagang berbasis daring di Indonesia mempelajari pengalaman China dalam bisnis tersebut, tulis China Daily.

Taobao dan TMall yang dioperasikan oleh Alibaba telah mengubah gaya hidup masyarakat daratan Tiongkok. Kedua platform tersebut telah menjadi bagian dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat karena selain mudah didapat dan efisien dari segi waktu dan biaya, barang-barang yang ditawarkan Taobao dan TMall lebih beragam.

Meskipun petunjuk dan pengoperasian aplikasinya menggunakan Bahasa Mandarin, tidak sedikit warga negara asing di China yang berbelanja melalui Taobao dan TMall.

Alibaba merupakan salah satu retailer “e-commerce” terbesar di dunia sejak April 2016 yang beroperasi di lebih dari 200 negara.

Pada 2017 perusahaan yang juga mengendalikan operasional platform belanja Lazada di kawasan Asia Tenggara tersebut mencapai 158,273 miliar RMB (Rp316 triliun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.