Alibaba Beri Pembekalan “E-Commerce” Kepada Delegasi Indonesia


BEIJING, SERUJI.CO.ID –¬†Sejumlah remaja dari Indonesia mendapatkan pembekalan mengenai sistem perdagangan berbasis elektronik, atau “e-commerce” selama dua hari di Taman Xixi milik Alibaba Group Holding Ltd di Hangzhou, China.

Pelatihan di markas utama Alibaba, salah perusahaan “e-commerce” terbesar di dunia, pada Senin (28/1) hingga Selasa (29/1) itu di bawah koordinasi perusahaan logistik global J&T yang beroperasi di Indonesia.

Sebanyak 147 delegasi dari platform “e-commerce” dari Indonesia, seperti Tokopedia dan Bukalapak tersebut mendapatkan pelatihan tentang rancangan tampilan agar mudah dipahami audiens dalam mempromosikan produk baru melalui “e-commerce”, demikian media resmi China melaporkan, Kamis (1/2).

Selain itu, mereka juga diajari sistem penataan gudang, sistem manajemen, dan pengaturan tim dalam menjalankan bisnis tersebut oleh raksasa “e-commerce” itu.

Jack Ma selaku CEO Alibaba telah menjadi idola baru bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Sejumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (start up) dan para pedagang berbasis daring di Indonesia mempelajari pengalaman China dalam bisnis tersebut, tulis China Daily.

Taobao dan TMall yang dioperasikan oleh Alibaba telah mengubah gaya hidup masyarakat daratan Tiongkok. Kedua platform tersebut telah menjadi bagian dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat karena selain mudah didapat dan efisien dari segi waktu dan biaya, barang-barang yang ditawarkan Taobao dan TMall lebih beragam.

Meskipun petunjuk dan pengoperasian aplikasinya menggunakan Bahasa Mandarin, tidak sedikit warga negara asing di China yang berbelanja melalui Taobao dan TMall.

Alibaba merupakan salah satu retailer “e-commerce” terbesar di dunia sejak April 2016 yang beroperasi di lebih dari 200 negara.

Pada 2017 perusahaan yang juga mengendalikan operasional platform belanja Lazada di kawasan Asia Tenggara tersebut mencapai 158,273 miliar RMB (Rp316 triliun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close