400.000 Orang Diungsikan Akibat Banjir dan Longsor di Jepang

FUKUOKA – Pada hari Rabu (5/7) telah terjadi hujan deras yang melanda pulau utama Kyushu, Jepang. Hujan deras tersebut menyebabkan sungai meluap dan tanah longsor.

Sedikitnya 10 orang dilaporkan hilang di Fukuoka dan Oita. Selain itu, hujan deras tersebut juga menyebabkan beberapa rumah hanyut dan puluhan orang terdampar. Kemudian lebih dari 400.000 orang diperintahkan untuk dievakuasi dari rumah mereka untuk diungsikan ke tempat perlindungan yang aman di daerah yang terkena bencana tersebut, termasuk lebih dari 300.000 orang di Kurume Fukuoka.

Televisi nasional NHK melaporkan, bagian dari prefektur Fukuoka di pulau barat daya, Kyushu, terguyur hujan dengan debit mencapai 774 milimeter dalam waktu sembilan jam pada Rabu (5/7). Jumlah tersebut mencapai sekitar 2,2 kali dari volume normal hujan pada Juli.

Sebanyak 7.500 petugas penyelamat, termasuk polisi, petugas pemadam kebakaran dan tentara dari Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF), dikerahkan untuk membantu pengungsian dan mencari yang hilang. Empat puluh helikopter disiagakan hingga cuaca membaik.

Prefektur Fukuoka dan Oita, yang sebagian besar merupakan daerah pedesaan, merupakan wilayah terdampak paling parah akibat hujan yang disebabkan oleh daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik yang menghantarkan udara hangat dan lembab ke dalam hujan musiman Jepang.

Warga menghabiskan malam dengan kecemasan di pusat evakuasi yang didirikan di sekolah dan gedung pemerintah di dataran tinggi, di tengah laporan tentang tanah longsor dan jalan yang banjir.

Sementara itu di lokasi terpisah, tiga pekerja prefektur dari sebuah kantor di Asakura kehilangan kontak selama patroli, kata pemerintah prefektur Fukuoka, seperti dikutip mainichi.jp, Kamis (6/7).

Belum ada laporan mengenai masalah transportasi utama, namun rekaman gambar dari televisi NHK menunjukkan jalur kereta api rusak dan terputus akibat banjir.

Hujan lebat di selatan Jepang diperkirakan akan terus berlanjut hingga hari ini.

Hujan di Jepang terjadi tidak beberapa lama setelah badai yang menyebabkan banjir parah di selatan China yang menewaskan 56 orang dan menyebabkan kerugian hampir USD 4 miliar. (JarotS/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.