Wiranto Tekankan Perkuat Kerja Sama Penanganan Ancaman Lintas Batas

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan RI, Wiranto menekankan pentingnya kerja sama yang lebih kuat antarnegara anggota ASEAN dalam menangani ancaman lintas batas.

Menkopolhukam Wiranto menyampaikan hal itu saat menghadiri Pertemuan Dewan Masyarakat Politik Keamanan ASEAN, seperti disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Sabtu (28/4).

Pertemuan Dewan Masyarakat Politik Keamanan ASEAN (ASEAN Political Security Community Council) diselenggarakan di Singapura pada Jumat (27/4).

Beberapa ancaman lintas batas yang dihadapi ASEAN, antara lain adalah perdagangan narkotika, terorisme, keamanan dunia maya, dan situasi di Laut China Selatan.

Dalam pertemuan itu, pemerintah Indonesia juga mendorong ASEAN agar dapat menjadi “motor penggerak” kerja sama antarnegara, termasuk dalam mengembangkan arsitektur kawasan di Indo-Pasifik yang terbuka, transparan, inklusif dan menghormati hukum internasional.

Selaku perwakilan Indonesia untuk kerja sama bidang politik keamanan ASEAN, Menkopolhukam RI memimpin Delegasi RI pada Pertemuan Dewan Masyarakat Politik Keamanan ASEAN dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Pertemuan Dewan Masyarakat Politik Keamanan ASEAN merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN.

Dewan itu bertanggung jawab memastikan implementasi Cetak Biru Masyarakat Politik Keamanan ASEAN berjalan dengan baik guna mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER