Wapres Ingatkan Indonesia Harus Berperan Besar di Asean

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (22/3), mengatakan peran Indonesia harus lebih besar di ASEAN dibandingkan negara anggota lain mengingat kepentingan Indonesia di kawasan tersebut juga besar.

“Penduduk Indonesia adalah yang terbesar di ASEAN, lebih dari 40 persen penduduk ASEAN ada di Indonesia. Artinya, peran Indonesia tentu haruslah besar, sesuai dengan kepentingan yang ada,” kata Wapres Kalla saat membuka simposium ke-7 kajian Asia Tenggara (The 7th Southeast Asian Studies Symposium 2018) di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Kampus Salemba Jakarta, Kamis.

Keberadaan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) berbeda dengan organisasi negara kawasan lainnya seperti Uni Eropa, Uni Afrika dan federasi Amerika Serikat.

Menurut Wapres Kalla, kebijakan-kebijakan ASEAN relatif lebih longgar dibandingkan dengan organisasi negara kawasan di Eropa, Afrika dan Amerika tersebut.

ASEAN tidak menerapkan kebijakan perdagangan bebas seperti NAFTA (North American Free Trade Agrrement) dan pemberlakuan mata uang tunggal seperti Eurozone.

“Struktur ASEAN itu berbeda dengan organisasi regional lainnya, tentu berbeda dengan EU (European Union), dan dengan terjadinya masalah di EU tentu Indonesia tidak akan ikut seperti itu; artinya, (Indonesia) menjaga ASEAN Community. Apalagi Eurozone, sama sekai tidak karena banyak masalah-masalah yang dihadapi,” jelas Wapres.

Dengan adanya penambahan jumlah negara anggota, dibandingkan sejak dibentuknya ASEAN 50 tahun yang lalu, Wapres Kalla berharap negara-negara anggota dapat semakin solid dalam menghadapi tantangan di ASEAN.  (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi