Terjerat Skandal 1MDB, Harta Najib Disita Capai RM1,1 Miliar


KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID – Jumlah keseluruhan nilai barang disita dari kediaman mantan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak antara RM900 juta hingga RM1,1 miliar.

Direktur Penyelidik Kejahatan Niaga (JSJK) Polisi Diraja Malaysia, CP Datuk Seri Amar Singh Ishar Singh, mengemukakan hal itu dalam jumpa pers perkembangan barang sitaan terkait 1MDB di Menara KPJ Kuala Lumpur, Rabu (27/6).

Amar Singh mengatakan, 12.000 berbagai barang dalam kemasan ditemukan dalam 25 dari 72 tas, yang disita polisi, di antaranya cincin, berlian, gelang dan anting, yang keseluruhannya bernilai kira-kira RM880 juta.

Dari jumlah tersebut, kata dia, 2.200 adalah cincin, 2.800 anting, 1.600 bros dan 14 mahkota.

Barang paling berharga adalah seuntai rantai emas dengan berlian putih berharga RM6.4 juta.

Amar Singh mengatakan, 567 tas tangan dari 37 merek, seperti, Hermes, Prada dan Chanel, bernilai kira-kira RM51.3 juta serta 230 kaca mata bernilai RM374.000.

Enam tas berisi 423 jam tangan senilai RM78 juta berasal dari 100 merek lebih.

Amar Singh mengatakan, semua barang kemasan dan uang tersebut saat ini disimpan di Bank Negara.

Dia mengatakan, sejak 21 Mei hingga 25 Juni, polisi membuat perkiraan dan pemeriksaan barang sitaan, melibatkan 150 orang terdiri atas ahli dan petugas mumpuni.

Amar Singh juga menegaskan bahwa jumlah sitaan berupa uang tunai berbagai mata uang di enam tempat, yang digeledah terkait penyelidikan 1Malaysia Development Berhad (1MDB), sebanyak RM116.7 juta.

Dia menegaskan akan memanggil Datuk Seri Najib Razak dan Datin Seri Rosmah Mansor dalam waktu dekat untuk dimintai keterangan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close