Ribuan Massa Demo Tuntut Gulingkan Perdana Menteri Najib Razak

0
66
Demo gulingkan PM Najib Razak
Ribuan massa demo tuntut gulingkan PM Najib Razak, di Kualalumpur. Sabtu, 14/10/2017. (Foto: The Straits Times)

KUALALUMPUR, SERUJI.CO.ID – Ribuan massa berunjuk rasa pada Sabtu (14/10) untuk menuntut tindakan terhadap Perdana Menteri Najib Razak atas salah urus miliaran dolar oleh dana negara.

Penentang Malaysia memakai skandal 1 Malaysia Pengembangan Berhad (1MDB) untuk menarik sebanyak mungkin pemilih guna melawan Najib, yang dapat mengadakan pemilihan umum kapan pun sejak sekarang hingga pertengahan tahun depan.

PM Najib sejauh ini mampu mengatasi skandal itu, menggalang kekuasaan dengan menekan pembangkang dan membatasi media serta pegiat, bahkan saat ia menghadapi tantangan sengit dari mantan pembinanya, Mahathir Mohamad.

Tapi, kenaikan biaya hidup dan pajak konsumsi berbasis luas membuat orang, seperti, Hasmurni Tamby, ibu lima anak berusia 42 tahun, muak dengan berbagai hal di bawah Najib.

“Harga apa pun naik tapi gaji kita tidak. Kami tidak bisa menabung. Jadi, kami tidak menginginkan pemimpin ini lagi,” kata Hasmurni, yang melakukan perjalanan beberapa jam ke utara dari negara bagian asalnya, Malaka, untuk menghadiri unjuk rasa malam itu.

Unjuk rasa pada Sabtu itu disebut sebagai akhir dua bulan perjalanan menumpas kleptokrasi, yang diprakarsai oposisi gabungan Pakatan Harapan (PH) untuk meyakinkan sebagian besar pemilih Melayu-Muslim di daerah medan perang pedesaan bahwa negara tersebut menderita akibat penanganan Najib atas 1MDB.

Ketenaran Najib anjlok akibat kesinambungan tekanan terkait 1MDB, terutama sesudah Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengajukan tuntutan perdata untuk menemukan lebih dari 1,7 miliar dolar (17 triliun rupiah lebih), yang diduga disalahgunakan dari dana 1MDB.

Tapi peningkatan perekonomian dan penguatan mata uang ringgit menguntungkan Najib.

Perdana menteri itu diperkirakan mengumumkan banyak prakarsa merakyat pada akhir bulan ini saat ia memaparkan anggaran terakhir sebelum pemilihan umum. Beberapa bulan sebelumnya, ia mengumumkan perumahan dan bantuan tunai senilai miliaran bagi masyarakat Melayu.

Tapi, Mahathir, yang melihat melalui industrialisasi Malaysia sebagai perdana menteri terlama, memperingatkan bahwa kebaikan tidak akan terjadi dengan membiarkan mantan anak didiknya itu terus memerintah.

“Kita belum pernah mempunyai perdana menteri pencuri. Ia mencuri, sehingga bisa hidup nyaman,” kata Mahathir kepada kerumunan saat menyampaikan pidato akhir pada malam itu.

“Kita perlu menurunkan penguasa pencuri di negara kita. Nasib Najib ada di tangan kita. Kita bisa menyingkirkannya, hanya dengan memilih PH,” kata mantan perdana menteri tersebut. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...