Presiden Jokowi Dorong ASEAN Lindungi Data Pribadi Masyarakat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden RI Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN di Singapura akan membahas tentang perlindungan data pribadi masyarakat di dunia maya.

Presiden Jokowi akan mendorong ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dalam melindungi data pribadi masyarakat, kata keterangan pers Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Jumat (27/7).

Inisiatif itu didasarkan pada perkembangan terkait penyalahgunaan data pribadi pengguna platform media sosial terkemuka yang merugikan masyarakat di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Selain kerja sama perlindungan data pribadi, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pentingnya kerja sama ASEAN untuk membangun jaringan kota pintar (smart city) sebagaimana yang akan dikembangkan dalam ASEAN Smart Cities Network (ASCN).

Indonesia juga memiliki program “Gerakan Menuju 100 Smart City”. Program tersebut diharapkan akan mengurangi kesenjangan pembangunan antarwilayah yang berdampak pada tingkat kesejahteraan yang berbeda.

Untuk itu, Presiden Jokowi meyakini ASCN, yang sejalan dengan agenda nasional dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, akan menjadi jawaban terhadap tantangan pembangunan Masyarakat ASEAN yang inovatif dan memiliki ketahanan.

Nota konsep ASCN dan Pernyataan Pemimpin ASEAN tentang Kerjasama Keamanan Dunia Maya (ASEAN Leaders Statement on Cyber Security Cooperation) merupakan dokumen yang akan disahkan para Pemimpin ASEAN di KTT ke-32 ASEAN.

Selain itu, dokumen penting lainnya yang akan disahkan dalam KTT tersebut, yaitu Visi Pemimpin ASEAN untuk ASEAN yang Tangguh dan Inovatif (ASEAN Leaders Vision for a Resilient and Innovative ASEAN).

Presiden RI Jokowi beserta Ibu Iriana dijadwalkan akan tiba di Singapura pada Jumat (27/4) untuk memulai rangkaian kegiatan yang diawali dengan jamuan makan malam dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Istana Singapura dan dilanjutkan Sesi Pleno KTT ke-32 ASEAN. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER