PM Mahathir Akan Menjabat Selama 1-2 Tahun

0
48
Mahathir Mohamad resmi terpilih menjadi Perdana Menteri Malaysia (foto:The Indian Express)

KUALA LUMPUR, SERUJI.CO.ID – Perdana menteri baru Malaysia Mahathir Mohamad pada Selasa (15/5) mengatakan akan tetap menjabat selama satu atau dua tahun dan bahwa Anwar Ibrahim, yang dipenjara dan ia janjikan menggantikannya, akan dibebaskan pada Rabu (16/5).

Mahathir, 92, mengatakan bahwa “dalam waktu singkat”, pemerintah dapat memerkarakan pendahulunya, Najib Razak, yang dirundung skandal miliaran dolar pada dana negara di 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Persekutuan empat partai pimpinan Mahathir dan Anwar menang pemilihan umum pada pekan lalu, mengalahkan koalisi Barisan Nasional, yang berkuasa untuk pertama kali dalam sejarah negara Asia Tenggara itu. Mahathir dilantik menjadi perdana menteri pada Kamis (10/5), menjadikannya pemimpin tertua di dunia, yang dipilih secara demokratis.

“Dalam tahap awal, mungkin berlangsung satu atau dua tahun, saya akan menjadi perdana menteri,” kata Mahathir, berbicara melalui tautan video langsung dari Kuala Lumpur ke konferensi pemimpin eksekutif “Wall Street Journal” di Tokyo.

“Saya akan memainkan peranan dasar bahkan ketika saya mengundurkan diri,” katanya.

Dewan pengampunan di ibu kota Malaysia akan bertemu pada Rabu (16/5) untuk membahas pembebasan Anwar dan Mahathir mengatakan dia akan dibebaskan pada hari yang sama.

Anwar, 70 tahun, menjalani hukuman penjara lima tahun kedua untuk sodomi. Dia dan pendukungnya mengatakan tuduhan itu bermotif politik.

Pengampunan kerajaan akan menghentikan hukuman Anwar dan membuatnya memenuhi syarat untuk secara aktif berpartisipasi dalam politik. Dia telah dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan pulih dari operasi bahu.

Selama kampanye, Mahathir, yang menjadi perdana menteri selama 22 tahun dalam tugas sebelumnya dari 1981, berjanji untuk mundur dan menjadikan Anwar perdana menteri begitu dia diampuni.

Tetapi, ada perbedaan antara keduanya mengenai pembentukan kabinet, dan Mahathir menjelaskan pada Selasa bahwa dia yang bertanggungjawab.

“Saya mengharapkan dia untuk memainkan peran yang sama dengan para pemimpin dari tiga partai lainnya. Tidak akan ada kekuatan khusus yang diberikan, kecuali diberikan kepada Menteri atau Wakil Menteri atau Wakil Perdana Menteri,” kata Mahathir.

Dia menambahkan bahwa ia akan membuat keputusan akhir tentang jabatan kabinet.

“The Wall Street Journal” mengutip komentar audio dari Anwar yang mengatakan Mahathir harus diberikan waktu untuk mencapai tujuannya.

“Saya tidak terburu-buru,” kata Anwar. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...