Kapal Vietnam Bermuatan Semen Asal Indonesia Dibajak di Filipina

1
61
Kawasan selatan Filipina bertetangga dengan negara bagian Sabah di Malaysia di ujung utara Pulau Kalimantan. Kawasan ini rawan pembajakan kapal.

MANILA – Sejumlah pria bersenjata menyerang kapal kargo Vietnam di perairan ujung selatan Filipina. Keterangan yang didapat kantor berita Associated Press dari penjaga pantai Filipina dan pemilik kapal, Senin (20/2), penyerang menewaskan seorang awak Vietnam dan menculik enam lainnya termasuk kapten kapal.

Juru bicara penjaga pantai, Armand Balilo, mengatakan pihak penjaga pantai Vietnam melaporkan MV Giang Hai dengan 17 awak serta 4.500 ton semen dari Indonesia ke Filipina, diserang bajak laut Minggu malam sekitar 31 kilometer utara Pearl Bank di provinsi Tawi-Tawi di ujung selatan Filipina.

Personil penjaga pantai, polisi dan marinir Filipina menemukan kapal itu mengapung dekat Pulau Baguan. Setelah meriksa kapal, mereka menemukan 10 pelaut Vietnam hidup dan satu mati.

Pham Van Hien, kepala departemen keamanan perusahaan pelayaran Pham Hai, pemilik kargo dari kota pelabuhan Hai Phong di Vietnam, mengatakan kapten kapal diculik. Penyerang bersenjata menghancurkan beberapa peralatan kapal, tetapi 10 awak tersisa berhasil membawa kapal pergi.

Pham mengatakan, perusahaannya telah melapor ke IMB Piracy Reporting Center di Malaysia untuk mencari bantuan dalam mengamankan kembalinya awak diculik.

Balilo mengatakan, operasi pengejaran sedang dilakukan. Tapi lokasi awak diculik dan identitas para penyerang belum diketahui.

Di kawasan ini, kelompok militan Abu Sayyaf dan sekutu bersenjata biasa beroperasi. Pada November lalu, kapal kargo Vietnam lain bersama kapten dan lima awak juga diculik. Di provinsi Sulu, setidaknya ada 20 sandera asing dan lokal di lokasi hutan berbeda.

Penculikan untuk mendapatkan tebusan atas awak kapal dari Malaysia, Indonesia dan Vietnam terus terjadi meski sudah ada pengamanan tingkat tinggi keamanan di kawasan pesisir dan perbatasan Filipina.

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

kereta ringan

DPR: Pemerintah Harus Tuntaskan Pembangunan LRT

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Nusirwan Soedjono menilai, pemerintah harus menuntaskan pembangunan kereta ringan Light Rail Transit...
Imunisasi

Warga Depok Kesulitan Ingin Dapatkan Imunisasi Difteri

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga di Kota Depok kesulitan ingin mendapatkan imunisasi difteri program imunisasi tanggap kejadian luar biasa kasus difteri di Indonesia atau...
Setya Novanto diperiksa KPK 2

Ahli: Praperadilan Gugur Saat Hakim Membuka Sidang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ahli hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar menyatakan bahwa sidang praperadilan dapat gugur saat Majelis Hakim membuka...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...