Indonesia Gantikan Thailand Pimpin KTT IMT-GT

SINGAPURA, SERUJI.CO.ID – Indonesia akan menggantikan Thailand sebagai ketua Konferensi Tingkat Tinggi Pertumbuhan Tiga Negara Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT) ke-12 yang akan dilaksanakan secara paralel dalam KTT ASEAN di Thailand pada 2019.

Pergantian tersebut disampaikan secara resmi oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dalam KTT IMT-GT ke-11 yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Perdana Menteri Malaysia Tun Musa Hitam usai KTT Ke-32 ASEAN di Singapura, Sabtu (28/4).

Di Singapura, para pemimpin IMT-GT membahas pembangunan kota ramah lingkungan atau “green cities” dan pariwisata berkelanjutan, di samping prioritas utama tiga negara untuk meningkatkan konektivitas kawasan.

Dalam pertemuan pemimpin tiga negara tersebut hadir pula Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Paduka Lim Jock Hoi dan Wakil Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Stephen P Groff.

Ditemui sebelum KTT, Groff mengemukakan ADB telah menjadi mitra program IMT-GT sejak 2007 dengan nilai proyek sekitar 47 miliar dolar AS untuk mencapai visi tiga negara untuk pembangunan kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkelanjutan pada 2036.

“ADB berkomitmen untuk mendukung pembangunan kota pintar dan pariwisata berkelanjutan di kawasan ketiga negara, termasuk di dalamnya pengelolaan sampah plastik di kawasan pariwisata,” kata dia.

Groff juga menyampaikan harapan untuk pemerintah Indonesia yang akan menjadi koordinator IMT-GT ke-12 di Thailand pada 2019 agar melanjutkan program-program pembangunan berkelanjutan yang telah berjalan baik melalui mekanisme pertumbuhan tiga negara.

IMT-GT merupakan kelompok subregional ASEAN yang bertujuan meningkatkan perkembangan ekonomi di 32 wilayah di tiga negara, yakni 10 provinsi di Indonesia, 8 negara bagian di wilayah utara Malaysia, dan 14 provinsi di wilayah selatan Thailand.

Dalam KTT tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER