Imigrasi Indonesia-Malaysia Bahas Pengaturan Lalu Lintas Perbatasan

BATAM, SERUJI.CO.ID – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Indonesia bersama Pengarah Jabatan Imigresen Malaysia akan membahas masalah lalu lintas perbatasan kedua negara demi keamanan masing-masing.

Hal itu disepakati dalam pertemuan bilateral imigrasi kedua negara di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (22/3).

“Permasalahan perbatasan diusulkan akan dibahas lebih lanjut di tempat perbatasan seperti Sarawak di Malaysia atau Pontianak di Indonesia,” kata tuan rumah pertemuan bilateral, Kepala Imigrasi Klas I khusus Batam, Lucky Agung Binarto dalam keterangan pers.

Dalam pertemuan lanjutan yang waktunya belum diumumkan itu, pihak imigrasi kedua negara akan merancang kesepakatan mengenai pengaturan pintu masuk dan keluar di pos lintas batas antara Indonesia dan Malaysia.

Direktur Jenderal Imigrasi kedua negara juga sepakat melaksanakan pelatihan bersama, terutama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Kegiatan itu, bisa berupa pertukaran pejabat imigrasi atau pelatihan bersama dengan memaksimalkan keahlian pejabat dari kedua instansi imigrasi.

Selain itu, keduanya juga sepakat untuk membahas pembuatan kesepakatan sebagai dasar dari kerja sama dua instansi imigrasi.

Lingkup dalam kesepakatan kerja sama, antara lain mencakup pertukaran informasi, peningkatan kapasitas dan penyelesaian permasalahan bersama.

Dirjen Imigrasi Indonesia dan Malaysia melaksanakan pertemuan bilateral yang bertajuk 1st Indonesia-Malaysia Immigration Consultation.

Pertemuan itu merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Kuching Malaysia tahun 2017. Pertemuan yang dibuka Duta Besar Indonesia untuk Malaysia itu juga implementasi kerja sama kedua negara dalam menangani permasalahan keimigrasian. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ