Gempa 6,7 SR Guncang Filipina Selatan

SURIGAO – Gempa kuat yang terjadi Jumat malam 11 Februari di Filipina selatan sebelah utara Pulau Mindanao. Setelah gempa 6,7 skala Richter itu, terjadi sekitar 100 gempa susulan yang membuat penduduk ketakutan. Sabtu pagi, kantor berita AFP melaporkan para petugas menyisir bangunan retak untuk mencari korban. Tercatat, sedikitnya enam tewas dan lebih dari 120 cedera.

Gempa mengguncang provinsi Surigao del Norte berpusat sekitar 16 kilometer barat laut ibukota provinsi Surigao dengan kedalaman 10 kilometer, kata Renato Solidum dari Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina. Keadaan darurat bencana diberlakukan di kota pantai sekitar 700 kilometer tenggara dari ibukota Manila itu.

Korban tewas sebagian besar akibat tertimpa puing dan beton dinding, kata pejabat tanggap bencana Gilbert Gonzales. Kepala polisi Anthony Maghari mengabarkan, sejumlah gedung rusak besar. Antara lain perguruan tinggi, hotel dan pusat perbelanjaan. Listrik padam dan bandara domestik ditutup karena retakan di landasan pacu.

Tayangan televisi menunjukkan tentara dan tim penyelamat lainnya menarik jasad seorang pria dari puing beton rumah. Para kerabat menyaksikan sambil menangis. Petugas Departemen Informasi tingkat provinsi, Mary Juli Escalante, saat diwawancarai jaringan TV ABS-CBN, menyatakan, “Oh, Pak, ada gempa susulan. Aku gemetar. Kami fobia.”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.