Gempa 6,7 SR Guncang Filipina Selatan

SURIGAO – Gempa kuat yang terjadi Jumat malam 11 Februari di Filipina selatan sebelah utara Pulau Mindanao. Setelah gempa 6,7 skala Richter itu, terjadi sekitar 100 gempa susulan yang membuat penduduk ketakutan. Sabtu pagi, kantor berita AFP melaporkan para petugas menyisir bangunan retak untuk mencari korban. Tercatat, sedikitnya enam tewas dan lebih dari 120 cedera.

Gempa mengguncang provinsi Surigao del Norte berpusat sekitar 16 kilometer barat laut ibukota provinsi Surigao dengan kedalaman 10 kilometer, kata Renato Solidum dari Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina. Keadaan darurat bencana diberlakukan di kota pantai sekitar 700 kilometer tenggara dari ibukota Manila itu.

Korban tewas sebagian besar akibat tertimpa puing dan beton dinding, kata pejabat tanggap bencana Gilbert Gonzales. Kepala polisi Anthony Maghari mengabarkan, sejumlah gedung rusak besar. Antara lain perguruan tinggi, hotel dan pusat perbelanjaan. Listrik padam dan bandara domestik ditutup karena retakan di landasan pacu.

Tayangan televisi menunjukkan tentara dan tim penyelamat lainnya menarik jasad seorang pria dari puing beton rumah. Para kerabat menyaksikan sambil menangis. Petugas Departemen Informasi tingkat provinsi, Mary Juli Escalante, saat diwawancarai jaringan TV ABS-CBN, menyatakan, “Oh, Pak, ada gempa susulan. Aku gemetar. Kami fobia.”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.

KUNTUM KHAIRA UMMATIN