Dino: Kepercayaan dan Kepemimpinan Faktor Kesuksesan ASEAN

JAKARTA – Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan kepercayaan serta kepemimpinan menjadi faktor kesuksesan dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada umurnya yang mencapai setengah abad.

“Di usianya yang mencapai 50 tahun, Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sekarang telah jauh sangat berbeda dengan keadaan lima dekade lalu,” ujar Dino Patti Djalal dalam Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP), di Jakarta, Sabtu (21/10).

Pada saat ASEAN didirikan dan dideklarasikan di Bangkok, pada tanggal 8 Agustus 1967 ada lima negara yang merupakan anggota pertama ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Penandatanganan Deklarasi Bangkok dilakukan oleh lima menteri luar negeri negara-negara anggota yang seluruhnya berasal dari negara-negara di Asia tenggara yakni: dari Indonesia (Adam Malik), Malaysia (Tun Abdul Razak), Filiphina (Narsisco Ramor), Thailand (Thanat Koman), dan Singapura (S. Rajaratnam).

Sejak dideklarasikan pada tahun 1967 hingga saat ini ASEAN sudah memiliki 10 negara anggota. Lima negara anggota pertama sekaligus pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Tailand. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam ikut bergabung menjadi anggota Asean ke-6. Selanjutnya sembilan tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995 Vietnam juga ikut bergabung, diikuti Laos dan Myanmar tanggal 23 Juli 1997. Setahun kemudian Kamboja juga mulai bergabung tepatnya pada tanggal 16 Desember 1998) “Dulunya Konfrontasi sekarang menjadi kerjasama. Dulunya kawasan ini banyak perang dan konflik, saat ini kondisi kawasan damai,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER