Dino: Kepercayaan dan Kepemimpinan Faktor Kesuksesan ASEAN

0
79
Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal.

JAKARTA – Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan kepercayaan serta kepemimpinan menjadi faktor kesuksesan dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada umurnya yang mencapai setengah abad.

“Di usianya yang mencapai 50 tahun, Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sekarang telah jauh sangat berbeda dengan keadaan lima dekade lalu,” ujar Dino Patti Djalal dalam Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP), di Jakarta, Sabtu (21/10).

Pada saat ASEAN didirikan dan dideklarasikan di Bangkok, pada tanggal 8 Agustus 1967 ada lima negara yang merupakan anggota pertama ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Penandatanganan Deklarasi Bangkok dilakukan oleh lima menteri luar negeri negara-negara anggota yang seluruhnya berasal dari negara-negara di Asia tenggara yakni: dari Indonesia (Adam Malik), Malaysia (Tun Abdul Razak), Filiphina (Narsisco Ramor), Thailand (Thanat Koman), dan Singapura (S. Rajaratnam).

Sejak dideklarasikan pada tahun 1967 hingga saat ini ASEAN sudah memiliki 10 negara anggota. Lima negara anggota pertama sekaligus pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Tailand. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam ikut bergabung menjadi anggota Asean ke-6. Selanjutnya sembilan tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995 Vietnam juga ikut bergabung, diikuti Laos dan Myanmar tanggal 23 Juli 1997. Setahun kemudian Kamboja juga mulai bergabung tepatnya pada tanggal 16 Desember 1998) “Dulunya Konfrontasi sekarang menjadi kerjasama. Dulunya kawasan ini banyak perang dan konflik, saat ini kondisi kawasan damai,” kata dia.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU