Akhiri Kebuntuan Politik di Parlemen, Timor Timur Adakan Pemilu

DILI, SERUJI.CO.ID – Ribuan orang Timor Leste berbaris untuk memberikan suara dalam pemilihan umum pada Sabtu (12/5), dalam upaya untuk mengakhiri bulan-bulan kebuntuan politik di parlemen negara Asia Tenggara yang kecil itu.

Kampanye pemilihan umum bulan ini telah dirusak oleh kekerasan sporadis, meskipun Timor Timur sebagian besar telah damai dalam beberapa tahun terakhir menyusul serangan berulang ketidakstabilan politik yang dideritanya setelah kemerdekaan dari Indonesia pada 2002.

Pemilihan umum parlemen 2017 tidak menghasilkan pemenang yang jelas, dengan partai Fretilin dari Perdana Menteri Mari Alkatiri memenangkan hanya 0,2 persen suara lebih banyak daripada Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT), partai pahlawan kemerdekaan Xanana Gusmao.

Presiden Timor Leste Francisco “L-Olo” Guterres membubarkan parlemen awal tahun ini dan menyerukan pemilihan umum baru, pemilihan umum parlemen kelima sejak kemerdekaan dari Indonesia pada 2002.

Mantan presiden Gusmao memberikan suara di ibu kota Dili ketika jajak pendapat dibuka pada pukul 07.00 waktu setempat (05.00 WIB).

“Saya akan mengatakan bahwa (pemilihan umum ini) akan berarti akhir dari kebuntuan ini,” katanya kepada wartawan.

Ia menambhakn akan menerima hasil pemilu jika tanpa kecurangan.

“Kami hanya akan menerima hasilnya jika kami melihat bahwa tidak ada kejanggalan, tidak ada kecurangan pemilu,” tambahnya.

Demokrasi pada negara termuda Asia tersebut telah berjuang untuk mengurangi kemiskinan, memberantas korupsi dan mengembangkan sumber daya minyak dan gas yang kaya. Sektor energi menyumbang sekitar 60 persen dari produk domestik bruto pada 2014 dan lebih dari 90 persen dari pendapatan pemerintah.

Kandidat dalam pemilihan umum Sabtu (12/5) telah berkampanye tentang janji untuk mengembangkan pendidikan dan kesehatan serta meningkatkan sektor pertanian dan pariwisata.

Jajak pendapat tutup pukul 15.00 waktu setempat dan hasil tidak resmi diperkirakan tiba pada sore hari. Hasil resmi kemungkinan akan diumumkan minggu depan.

Lebih dari 700 ribu warga Timor Timur terdaftar untuk memilih di negara itu, yang memiliki lahan yang sedikit lebih kecil dari Hawaii dan merupakan rumah bagi 1,2 juta orang.

Bekas koloni Portugis tersebut diserbu oleh negara tetangga Indonesia pada 1975. Gerakan perlawanan 24 tahun yang sering kekerasan membuat Timor Timur memutuskan menuju kemerdekaan pada 2002 dan banyak tokoh-tokoh utamanya masih menonjol dalam menjalankan negara. Anggota militer dan polisi melakukan pemberontakan pada 2006. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER