Institusi di Amerika Ramalkan Islam Jadi Agama Terpopuler pada 2050

WASHINGTON D.C. – Pew Research Center, institusi think tank non-partisan di Washington DC ibukota Amerika Serikat, meramalkan Islam akan menjadi agama paling populer di dunia setelah tahun 2050.

Tak mendapat tempat di dalam masjid, Jumatan di tempat terbuka pun jadi. (image: @s.a.i.d.o.v)

Publikasi yang dibuat institusi itu pada Rabu (1/3) mengungkapkan, Islam menjadi agama paling cepat berkembang dan jumlah pengikutnya akan akan berimbang dengan pemeluk Kristen pada tahun itu.

Pew Research Center membandingkan, pada tahun 2010 saja umat Islam membentuk 23% populasi global dengan perkiraan jumlah 1,6 miliar orang. Pada saat yang sama, pemeluk Kristen berjumlah sekitar 2,2 miliar atau 31% dari populasi dunia.

Menurut think tank independen itu, salah satu alasan peningkatan populasi Muslim adalah keinginan keluarga memiliki lebih banyak anak. Alasan potensial lainnya termasuk dampak media massa pada penyebaran ajaran Islam terhadap non-Muslim.

Berdasarkan faktor demografis, umat Islam umumnya lebih muda daripada orang-orang Kristen. Di negara-negara maju, umat Kristen sebagian besar sedang menjalani masa penuaan dan keturunannya sedikit. Di negara maju, orang-orang yang menua bakal meninggal. Sebagian tempat mereka akan diisi imigran dari negara-negara berkembang, yang sebagian besar Muslim.

Penelitian ini juga memperkirakan, India menjadi rumah besar bagi populasi Muslim pada 2050 dengan perkiraan 310 juta orang atau 18% dari populasi. Indonesia, yang saat ini memiliki lebih dari 200 juta Muslim, tetap terbanyak penduduk Muslim.

EDITOR: Omar Ballaz

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.