Wabah Mematikan Serang Madagaskar, Afrika Selatan Peringatkan Pelancong

0
56
wabah di madagaskar
Warga yang melakukan perjalanan ke Madagaskar disarankan memakai masker. (Foto: Crux Now)

CAPE TOWN, SERUJI.CO.ID – Afrika Selatan pada Kamis (12/10) memperingatkan warganya yang melakukan perjalanan ke Madagaskar setelah wabah mematikan menyebar di Madagaskar.

Departemen Kesehatan mengingatkan, warga Afrika Selatan yang melakukan perjalanan ke Madagaskar disarankan agar menghindari daerah yang berpenduduk padat, dan memakai masker saat singgah.

Peringatan itu dikeluarkan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi 449 kasus wabah di Madagaskar, dan 48 kematian. Wabah tersebut mula-mula ditemukan di sepertiga bagian tengah pulau itu, di sekitar Provinsi Toamasina di pantai timur dan Antananarivo.

Ada keprihatinan internasional mengenai penularan bakteri setelah seorang olahragawan Afrika Selatan, yang sedang mengikuti pertandingan Kejuaraan Klub Samudra Hindia, terserang penyakit tersebut saat berada di pulau itu. Ia bisa disembuhkan di Madagaskar dan telah pulang ke Afrika Selatan.

Guna mencegah penularan wabah itu ke luar Madagaskar ke dalam Afrika Selatan, Departemen Kesehatan telah menyiagakan semua perusahaan penerbangan agar berhati-hati mengenai penumpang yang diduga sakit.

Sementara itu, para pejabat kesehatan di pelabuhan telah meningkatkan langkah pemeriksaan mereka guna mendeteksi penumpang sakit yang tiba di Afrika Selatan.

Semua tim reaksi provinsi telah dikerahkan guna meningkatkan kesiagaan dan melaksanakan langkah reaksi kalau-kalau satu kasus dideteksi di negeri itu, kata Juru Bicara Pemerintah Popo Maja.

Semua pelancong yang pulang dari Madagaskar diharuskan memantau kesehatan mereka selama 15 hari dan segera berobat ke instalasi kesehatan terdekat dari tempat tinggal mereka jika mereka mengalami demam, rasa dingin, sakit tubuh dan kepala, nyeri dan rasa panas pada kelenjar getah bening, atau sesak nafas serta batuk dan/atau mengeluarkan dahak berdarah, kata Maja.

“Mereka mesti memberitahu dokter mengenai perjalanan mereka belum lama ini dan gejala yang mereka alami,” ia menambahkan.

Wabah tersebut adalah penyakit infeksi yang menular di antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya yang disebabkan oleh bakteri yersinia pestis.

Yersinia pestis adalah bakteri Gram-negatif yang dapat tumbuh dengan atau tanpa oksigen. Infeksi pada manusia mengambil tiga bentuk: pnumonik, septisemik, dan wabah bubonik.

Di tempat wabah semacam itu muncul biasanya ditemukan hewan pengerat dan penyakit tersebut disebarkan oleh kutu dari hewan pengerat ke hewan pengerat lain, atau ke hewan mamalia.

Manusia bisa tertular penyakit itu dari orang yang terserang radang paru-paru melalui penularan cairan atau dari kontak langsung dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau melalui gigitan kutu yang terinfeksi.

Gejala wabah radang paru-paru meliputi batuk, demam dan nyeri dada.

WHO telah mengklasifikasi wabah di Madagaskar sebagai Tingkat 2 dengan tingkat resiko tinggi bagi penyebaran lokal. Resiko bagi wilayah itu sedang akibat seringnya orang melakukan perjalanan udara dan laut, tapi resiko golbal diperkirakan rendah. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...