Wabah Mematikan Serang Madagaskar, Afrika Selatan Peringatkan Pelancong

CAPE TOWN, SERUJI.CO.ID – Afrika Selatan pada Kamis (12/10) memperingatkan warganya yang melakukan perjalanan ke Madagaskar setelah wabah mematikan menyebar di Madagaskar.

Departemen Kesehatan mengingatkan, warga Afrika Selatan yang melakukan perjalanan ke Madagaskar disarankan agar menghindari daerah yang berpenduduk padat, dan memakai masker saat singgah.

Peringatan itu dikeluarkan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi 449 kasus wabah di Madagaskar, dan 48 kematian. Wabah tersebut mula-mula ditemukan di sepertiga bagian tengah pulau itu, di sekitar Provinsi Toamasina di pantai timur dan Antananarivo.

Ada keprihatinan internasional mengenai penularan bakteri setelah seorang olahragawan Afrika Selatan, yang sedang mengikuti pertandingan Kejuaraan Klub Samudra Hindia, terserang penyakit tersebut saat berada di pulau itu. Ia bisa disembuhkan di Madagaskar dan telah pulang ke Afrika Selatan.

Guna mencegah penularan wabah itu ke luar Madagaskar ke dalam Afrika Selatan, Departemen Kesehatan telah menyiagakan semua perusahaan penerbangan agar berhati-hati mengenai penumpang yang diduga sakit.

Sementara itu, para pejabat kesehatan di pelabuhan telah meningkatkan langkah pemeriksaan mereka guna mendeteksi penumpang sakit yang tiba di Afrika Selatan.

Semua tim reaksi provinsi telah dikerahkan guna meningkatkan kesiagaan dan melaksanakan langkah reaksi kalau-kalau satu kasus dideteksi di negeri itu, kata Juru Bicara Pemerintah Popo Maja.

Semua pelancong yang pulang dari Madagaskar diharuskan memantau kesehatan mereka selama 15 hari dan segera berobat ke instalasi kesehatan terdekat dari tempat tinggal mereka jika mereka mengalami demam, rasa dingin, sakit tubuh dan kepala, nyeri dan rasa panas pada kelenjar getah bening, atau sesak nafas serta batuk dan/atau mengeluarkan dahak berdarah, kata Maja.

“Mereka mesti memberitahu dokter mengenai perjalanan mereka belum lama ini dan gejala yang mereka alami,” ia menambahkan.

Wabah tersebut adalah penyakit infeksi yang menular di antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya yang disebabkan oleh bakteri yersinia pestis.

Yersinia pestis adalah bakteri Gram-negatif yang dapat tumbuh dengan atau tanpa oksigen. Infeksi pada manusia mengambil tiga bentuk: pnumonik, septisemik, dan wabah bubonik.

Di tempat wabah semacam itu muncul biasanya ditemukan hewan pengerat dan penyakit tersebut disebarkan oleh kutu dari hewan pengerat ke hewan pengerat lain, atau ke hewan mamalia.

Manusia bisa tertular penyakit itu dari orang yang terserang radang paru-paru melalui penularan cairan atau dari kontak langsung dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau melalui gigitan kutu yang terinfeksi.

Gejala wabah radang paru-paru meliputi batuk, demam dan nyeri dada.

WHO telah mengklasifikasi wabah di Madagaskar sebagai Tingkat 2 dengan tingkat resiko tinggi bagi penyebaran lokal. Resiko bagi wilayah itu sedang akibat seringnya orang melakukan perjalanan udara dan laut, tapi resiko golbal diperkirakan rendah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER