Wabah Mematikan Serang Madagaskar, Afrika Selatan Peringatkan Pelancong

0
51
wabah di madagaskar
Warga yang melakukan perjalanan ke Madagaskar disarankan memakai masker. (Foto: Crux Now)

CAPE TOWN, SERUJI.CO.ID – Afrika Selatan pada Kamis (12/10) memperingatkan warganya yang melakukan perjalanan ke Madagaskar setelah wabah mematikan menyebar di Madagaskar.

Departemen Kesehatan mengingatkan, warga Afrika Selatan yang melakukan perjalanan ke Madagaskar disarankan agar menghindari daerah yang berpenduduk padat, dan memakai masker saat singgah.

Peringatan itu dikeluarkan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi 449 kasus wabah di Madagaskar, dan 48 kematian. Wabah tersebut mula-mula ditemukan di sepertiga bagian tengah pulau itu, di sekitar Provinsi Toamasina di pantai timur dan Antananarivo.

Ada keprihatinan internasional mengenai penularan bakteri setelah seorang olahragawan Afrika Selatan, yang sedang mengikuti pertandingan Kejuaraan Klub Samudra Hindia, terserang penyakit tersebut saat berada di pulau itu. Ia bisa disembuhkan di Madagaskar dan telah pulang ke Afrika Selatan.

Guna mencegah penularan wabah itu ke luar Madagaskar ke dalam Afrika Selatan, Departemen Kesehatan telah menyiagakan semua perusahaan penerbangan agar berhati-hati mengenai penumpang yang diduga sakit.

Sementara itu, para pejabat kesehatan di pelabuhan telah meningkatkan langkah pemeriksaan mereka guna mendeteksi penumpang sakit yang tiba di Afrika Selatan.

Semua tim reaksi provinsi telah dikerahkan guna meningkatkan kesiagaan dan melaksanakan langkah reaksi kalau-kalau satu kasus dideteksi di negeri itu, kata Juru Bicara Pemerintah Popo Maja.

Semua pelancong yang pulang dari Madagaskar diharuskan memantau kesehatan mereka selama 15 hari dan segera berobat ke instalasi kesehatan terdekat dari tempat tinggal mereka jika mereka mengalami demam, rasa dingin, sakit tubuh dan kepala, nyeri dan rasa panas pada kelenjar getah bening, atau sesak nafas serta batuk dan/atau mengeluarkan dahak berdarah, kata Maja.

“Mereka mesti memberitahu dokter mengenai perjalanan mereka belum lama ini dan gejala yang mereka alami,” ia menambahkan.

Wabah tersebut adalah penyakit infeksi yang menular di antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya yang disebabkan oleh bakteri yersinia pestis.

Yersinia pestis adalah bakteri Gram-negatif yang dapat tumbuh dengan atau tanpa oksigen. Infeksi pada manusia mengambil tiga bentuk: pnumonik, septisemik, dan wabah bubonik.

Di tempat wabah semacam itu muncul biasanya ditemukan hewan pengerat dan penyakit tersebut disebarkan oleh kutu dari hewan pengerat ke hewan pengerat lain, atau ke hewan mamalia.

Manusia bisa tertular penyakit itu dari orang yang terserang radang paru-paru melalui penularan cairan atau dari kontak langsung dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau melalui gigitan kutu yang terinfeksi.

Gejala wabah radang paru-paru meliputi batuk, demam dan nyeri dada.

WHO telah mengklasifikasi wabah di Madagaskar sebagai Tingkat 2 dengan tingkat resiko tinggi bagi penyebaran lokal. Resiko bagi wilayah itu sedang akibat seringnya orang melakukan perjalanan udara dan laut, tapi resiko golbal diperkirakan rendah. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

imunisasi bayi

Difteri Mewabah, Inilah Upaya Pemerintah Lampung

BANDARLAMPUNG, SERUJI.CO.ID - Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae kini sedang menjadi perhatian serius pemerintah, dari pusat hingga daerah untuk melakukan pencegahan dan pengobatannya. Provinsi...
Setya Novanto dan KPK

Setnov Hadiri Sidang Perdana Pembacaan Dakwaan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR Setya Novanto menghadiri sidang perdana pembacaan dakwaan kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-elektronik (KTP-el) di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)...
Satgas Pangan sidak harga sembako

Pedagang Naikkan Harga Sepihak, Polres Akan Tindak Tegas

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Polres Cianjur, Jawa Barat, akan menindak tegas agen dan pedagang yang bermain menaikkan harga secara sepihak sehingga berdampak terhadap keresahan di...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...