Presiden Somalia Nyatakan Bencana Nasional Kekeringan

Presiden Somalia, Mohamed Abdullahi Mohamed alias Farmajo

MOGADISHU – Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo mengumumkan keadaan bencana nasional saat negeri di Tanduk Afrika itu menghadapi kekeringan parah dan krisis pangan. Berbicara dalam konferensi tentang kekeringan, ia mengimbau masyarakat internasional dan kelompok-kelompok di Somalia meningkatkan program bantuan darurat.

“Kita harus segera memberikan bantuan. Potensi untuk mencegah kelaparan dan kematian bisa diperbesar. Saya mengimbau semua donatur memberikan dana yang diperlukan untuk bantuan segera dan darurat, ” kata Presiden Farmajo, Selasa (28/2) di Mogadishu, dikutip Voice of America.

Menurut PBB, krisis di Somalia mengancam 6,2 juta orang atau lebih dari setengah populasi. Kondisi paling kering ada di utara. Produksi tanaman dan jumlah ternak merosot tajam setelah minimnya curah hujan tahun lalu. Pekan lalu, lembaga bantuan PBB memperingatkan hanya ada jendela dua bulan untuk mencegah bencana di Somalia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, kondisi kekeringan juga menyebabkan penyebaran penyakit. Sejak awal Januari, telah dilaporkan lebih dari 6.000 kasus kolera serta lebih dari 2.500 kasus yang diduga campak.

Somalia pernah dilanda bencana kelaparan pada 2011 yang meminta korban sedikitnya 260.000 orang. Untuk mencegah bencana serupa, PBB telah meluncurkan bantuan $ 825 juta pada Somalia untuk menutup biaya paruh pertama 2017.

Somalia adalah salah satu dari beberapa negara kawasan timur Afrika yang mengalami kekeringan dan kekurangan makanan. Yang terparah ada di Sudan Selatan. Lainnya di Ethiopia, Kenya, Tanzania, Mozambik, dan sisi utara Nigria. Di seberang pantai timur Afrika, ada juga Yaman yang terancam bencana karena kondisi alam dan konflik sekterian.

EDITOR: Omar Ballaz

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER