Presiden Somalia Nyatakan Bencana Nasional Kekeringan

Presiden Somalia, Mohamed Abdullahi Mohamed alias Farmajo

MOGADISHU – Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo mengumumkan keadaan bencana nasional saat negeri di Tanduk Afrika itu menghadapi kekeringan parah dan krisis pangan. Berbicara dalam konferensi tentang kekeringan, ia mengimbau masyarakat internasional dan kelompok-kelompok di Somalia meningkatkan program bantuan darurat.

“Kita harus segera memberikan bantuan. Potensi untuk mencegah kelaparan dan kematian bisa diperbesar. Saya mengimbau semua donatur memberikan dana yang diperlukan untuk bantuan segera dan darurat, ” kata Presiden Farmajo, Selasa (28/2) di Mogadishu, dikutip Voice of America.

Menurut PBB, krisis di Somalia mengancam 6,2 juta orang atau lebih dari setengah populasi. Kondisi paling kering ada di utara. Produksi tanaman dan jumlah ternak merosot tajam setelah minimnya curah hujan tahun lalu. Pekan lalu, lembaga bantuan PBB memperingatkan hanya ada jendela dua bulan untuk mencegah bencana di Somalia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, kondisi kekeringan juga menyebabkan penyebaran penyakit. Sejak awal Januari, telah dilaporkan lebih dari 6.000 kasus kolera serta lebih dari 2.500 kasus yang diduga campak.

Somalia pernah dilanda bencana kelaparan pada 2011 yang meminta korban sedikitnya 260.000 orang. Untuk mencegah bencana serupa, PBB telah meluncurkan bantuan $ 825 juta pada Somalia untuk menutup biaya paruh pertama 2017.

Somalia adalah salah satu dari beberapa negara kawasan timur Afrika yang mengalami kekeringan dan kekurangan makanan. Yang terparah ada di Sudan Selatan. Lainnya di Ethiopia, Kenya, Tanzania, Mozambik, dan sisi utara Nigria. Di seberang pantai timur Afrika, ada juga Yaman yang terancam bencana karena kondisi alam dan konflik sekterian.

EDITOR: Omar Ballaz

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy