Presiden Mesir Perintahkan Buka Perbatasan Gaza Selama Ramadhan

0
175
Salah satu demonstran Palestina menyerang menggunakan ketapel di Jalur Gaza, Senin (14/5/2018) (foto:nbcnews.com)

KAIRO, SERUJI.CO.ID – Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Kamis (17/5) memerintahkan untuk membuka perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza selama bulan suci Ramadhan, katanya melalui akun Twitter resminya.

Perbatasan dengan wilayah Palestina sebagian besar tertutup namun terbuka secara berkala. Ini akan menjadi pembukaan tunggal terpanjang dalam beberapa tahun.

Akun Twitter Sisi menyebutkan pembukaan penyeberangan akan meringankan beban saudara-saudara di Gaza.

Pada Senin (14/5) pasukan Israel membunuh puluhan warga Palestina yang protes di perbatasan Gaza ketika Amerika Serikat membuka kedutaannya di Yerusalem, memindahkan misi diplomatiknya dari Tel Aviv di Israel ke kota suci yang diperebutkan tersebut.

Kelompok Hamas menguasai Gaza, tetapi bukan pada penyeberangan yang terpenting, Rafah dengan Mesir dan Erez dengan Israel. Mereka menyerahkan kendali atas penyeberangan itu akhir tahun lalu kepada rivalnya, Otoritas Palestina yang bermarkas di Tepi Barat, dalam kesepakatan rekonsiliasi yang ditandatangani di Kairo.

Mesir menutup perbatasan untuk waktu yang lama setelah serangan terhadap pasukan keamanan Mesir di Semenanjung Sinai yang meningkat pada tahun 2013, yang kemudian pejabat Mesir menyalahkan militan Palestina dari Gaza untuk beberapa dari mereka.

Berhubungan dengan situasi di Palestina, Dewan Menteri Luar Negeri Arab, Kamis (17/5), mempercayakan Liga Arab untuk menyusun rencana guna membalas AS atau negara lain yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel atau memindahkan kedutaan mereka ke kota tersebut.

Dewan itu, yang mengakhiri pertemuan darurat Liga Arab di tingkat menteri luar negeri di Ibu Kota Mesir, Kairo, menuntut organisasi pan-Arab tersebut untuk membentuk komite ahli independen internasional guna menyelidiki pelanggaran dan kejahatan baru-baru ini yang dilakukan oleh pasukan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. Tak kurang dari 63 orang Palestina tewas dan ratusan orang lagi cedera akibat perbuatan pasukan Israel itu.

Dewan tersebut kembali menyampaikan penolakan dan pengutukannya terhadap keputusan AS untuk mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan pemindahan Kedutaan Besarnya ke kota suci yang menjadi sengketa itu. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Bencana Tanah Longsor di China, 5 Tewas

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Bencana tanah longsor di Kota Chongqing, China, Ahad (20/5), merenggut lima nyawa warga dan melukai seorang. Pemerintah Kota Chongqing mengatakan bahwa lima korban...
tewas

Seorang Warga Aceh Tewas Tertimpa Pohon

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Seorang warga di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diketahui tewas dalam kondisi tertindih reruntuhan bangunan dapur yang ringsek tertimpa pohon yang...
bus

Dishub Bantul Siapkan Ratusan Armada Angkutan Mudik

BANTUL, SERUJI.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 210 armada untuk angkutan pemudik atau warga yang pulang kampung ke daerah itu...

Letusan Freatik Merapi, Desa Kaliurang Alami Hujan Abu

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Kawasan Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terjadi hujan abu setelah letusan freatik kecil atau embusan dari Gunung Merapi pada...

Barca Menang Atas Sociedad pada Pertandingan Perpisahan Iniesta

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Tim juara Liga Spanyol Barcelona mengakhiri musim dengan kemenangan 1-0 atas tamunya Real Sociedad pada Ahad (20/5), berkat gol sensasional dari...