Penarikan Presiden Afrika Selatan Ditanggapi Positif Oleh Berbagai Kalangan

0
50
Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan (foto: istimewa)

JOHANNESBURG, SERUJI.CO.ID – Para ahli Afrika Selatan menyampaikan bermacam reaksi mengenai penarikan Presiden Jacob Zuma oleh partainya, Kongres Nasional Afrika (ANC).

Sekretaris Jenderal ANC Ace Magashule mengatakan kepada media pada Selasa sore (13/2) bahwa Komite Eksekutif Nasional (NEC) partai yang memerintah memutuskan untuk memanggil Zuma dan Zuma telah diberi waktu sampai Rabu untuk menjawab.

“NEC memutuskan untuk memanggil pegawainya, rekan Jacob Zuma. Keputusan untuk memanggil Jacob Zuma sudah akhir. Keputusan itu tak bisa berubah,” kata Magshule.

Loading...

Goolam Ballim, Kepala Ahli Ekonomi Standard Bank, mengatakan penarikan Zuma akan bagus buat ANC dan negeri tersebut.

“Pasar telah gembira dengan prospek dalam kenyataan ini, apakah itu disahkan atau tidak adalah masalah akademis,” katanya.

“Kenyataannya ialah pasar merayakan potensi bagi rejim baru dan era baru mengenai serangan terhadap korupsi, prakiraan yang lebih baik,” kata Ballim.

Ballim mengatakan pemilihan Ciryl Ramaphosa sebagai Presiden ANC membawa semacam optimisme dan harapan.

Ia mengatakan terpilihnya Ramaphosa sebagai Presiden negeri tersebut akan menyulut lebih banyak harapan buat Afrika Selatan.

Pengulas lain, Sipho Seepe, mengatakan kepada Xinhua bahwa ANC perlu menyortir tekanan internalnya dan memperbarui. Seepe mengatakan Zuma telah dikorbankan untuk masalah yang dihadapi partai itu.

“ANC telah melewati masa sulit. Partai tersebut harus menemukan cara memperbarui dirinya. Presiden Zuma telah diperlakukan sebagai kambing hitam,” kata Seepe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU