PBB: Separuh Warga Somalia Butuh Bantuan Darurat

NAIROBI, SERUJI.CO.ID – Sekitar 6,2 juta orang di Somalia -separuh warga- membutuhkan bantuan darurat, seperti makanan, air dan tempat tinggal, karena bencana kekeringan dan konflik yang belum pernah terjadi sebelumnya, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rabu (17/1).

Organisasi itu mengajukan permintaan bantuan sebesar 1,6 miliar dolar.

Kekeringan itu -yang berlangsung selama empat musim hujan yang singkat- telah memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka dan menyebabkan ratusan ribu anak-anak kekurangan gizi. Satu dari empat orang di negara Tanduk Afrika itu terancam menghadapi risiko kelaparan.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan bahwa donor mengumpulkan dana yang cukup pada tahun 2017 untuk mencegah kelaparan dan mencegah wabah kolera, namun situasinya mulai memburuk tahun ini tanpa bantuan yang memadai.

“Kami cenderung melihat sektor-sektor seperti tempat berlindung menjadi kekurangan dana, dan kemudian Anda akan melihat orang-orang di tempat terbuka, tanpa tempat berlindung yang memadai -dan memiliki sedikit sekali barang untuk menjalani hidup mereka,” kata Peter de Clercq, kepala OCHA di Somalia.

“Kami juga akan melihat lebih banyak anak-anak dengan gizi buruk akut, dan akan ada lebih sedikit anak di sekolah,” katanya melalui konferensi video dari Mogadishu, ibu kota Somalia.

Kelaparan Somalia pada tahun 2011 menewaskan 260.000 orang, separuh di antaranya meninggal dunia sebelum pernyataan resmi kelaparan, yang disebabkan oleh kekeringan, perang dan kurangnya akses untuk bantuan kemanusiaan.

Negara ini telah terperosok dalam konflik sejak 1991. Pemerintahnya yang lemah dan didukung oleh Barat berjuang untuk mengendalikan daerah miskin dan pedesaan di bawah kelompok militan Islam al Shabaab – yang menghalangi penyampaian bantuan kepada yang paling membutuhkan.

Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khayre mengucapkan terima kasih kepada masyarakat internasional atas dan bantuan sebesar 1,3 miliar dolar tahun lalu yang berhasil dikumpulkan, namun memperingatkan bahwa tidak ada tempat untuk berpuas diri.

“Kami menghadapi tantangan dan risiko yang sama tahun ini dan tahun-tahun berikutnya,” kata Hassan.

“Kekeringan dan konflik akan terus mempengaruhi kehidupan jutaan orang Somalia, mereka akan terus membuat ribuan orang lagi mengungsi. Saya meminta atas nama pemerintah dan orang-orang Somalia untuk terus mendapatkan dukungan dari mitra internasional.” (Ant/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.