Kediaman Presiden Kongo Diserang Pemberontak, Satu Tentara Tewas

0
57
Presiden Kongo, Joseph Kabila (foto: istimewa)

GOMA, SERUJI.CO.ID – Para pemberontak bersenjata menewaskan seorang tentara saat menyerang sebuah rumah milik Presiden Kongo Joseph Kabila di wilayah timur, yang bergolak, demikian keterangan sumber-sumber di pihak pemberontak serta militer Kongo, Kamis (29/3).

Di wilayah itu, sejumlah konflik telah berkobar dalam beberapa bulan terakhir ini.

Kabila tidak berada di rumah ketika kelompok militan Mai-Mai menyerang rumah tersebut, yang terletak di kota Beni, dan bentrok dengan tentara nasional yang tidak dapat menangkis serangan.

Serangan kedua terhadap kediaman presiden dalam tiga bulan itu menunjukkan betapa kondisi keamanan di Kongo memburuk, yang sebagian dipicu oleh penolakan Kabila untuk mundur pada 2016 ketika mandatnya berakhir.

Sebuah rumah milik Kabila juga diserang dan dibakar di provinsi Kivu Utara pada Desember. Satu polisi tewas dalam insiden itu.

Situasi keamanan di wilayah timur, yang sudah menjadi kotak sumbu ketegangan etnis, telah memburuk tahun ini karena pihak berwenang negara goyah. Keadaan itu memaksa puluhan ribu orang mengungsikan diri dan mengancam kestabilan di seluruh negeri.

Juru bicara kelompok pemberontak Mai-Mai mengatakan pihaknya telah membunuh tiga tentara dalam serangan itu. Seorang juru bicara militer mengatakan salah satu tentaranya serta satu penyerang tewas.

Juru bicara presiden belum dapat dimintai tanggapan.

Mai-Mai terdiri dari sejumlah kelompok bersenjata yang pada awalnya terbentuk untuk melakukan perlawanan atas penyerbuan oleh Rwanda pada 1990-an.

Sejak itu, mereka berubah menjadi kelompok militan dari berbagai etnis, jaringan penyelundup serta kelompok penyedia layanan perlindungan. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Ignasius Jonan

Beda dengan Sri Mulyani, Ignasius Jonan Akui “HoA” Freeport Tak Mengikat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan pemerintah terkait head of agreement (HoA) dalam pembelian Freeport mulai saling bertolak belakang. Bila sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa HoA...

Pemprov DKI Undang Pemasang Bendera Asian Games Pakai Bambu ke Balai Kota

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengundang Thamran (40), salah satu warga Penjaringan yang memasang bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan...
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Idrus Marham Diperiksa Terkait Suap PLTU Riau 1 Saat Jabat Sekjen Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Sosial Idrus Marham mengaku sudah kenal lama dengan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga...

Jabatan Ngabalin Bertambah, Kini Diangkat Sebagai Komisaris Angkasa Pura I

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politisi Golkar Ali Mochtar Ngabalin yang belum lama ini diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi...
Obar Asian Games 2018

Kapolda Hingga Gubernur Jateng Ikut Bawa Obor Asian Games 2018

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Pawai obor Torch Relay Asian Games 2018 digelar guna menyambut ajang ini dengan...