Kediaman Presiden Kongo Diserang Pemberontak, Satu Tentara Tewas

0
32
Presiden Kongo, Joseph Kabila (foto: istimewa)

GOMA, SERUJI.CO.ID – Para pemberontak bersenjata menewaskan seorang tentara saat menyerang sebuah rumah milik Presiden Kongo Joseph Kabila di wilayah timur, yang bergolak, demikian keterangan sumber-sumber di pihak pemberontak serta militer Kongo, Kamis (29/3).

Di wilayah itu, sejumlah konflik telah berkobar dalam beberapa bulan terakhir ini.

Kabila tidak berada di rumah ketika kelompok militan Mai-Mai menyerang rumah tersebut, yang terletak di kota Beni, dan bentrok dengan tentara nasional yang tidak dapat menangkis serangan.

Serangan kedua terhadap kediaman presiden dalam tiga bulan itu menunjukkan betapa kondisi keamanan di Kongo memburuk, yang sebagian dipicu oleh penolakan Kabila untuk mundur pada 2016 ketika mandatnya berakhir.

Sebuah rumah milik Kabila juga diserang dan dibakar di provinsi Kivu Utara pada Desember. Satu polisi tewas dalam insiden itu.

Situasi keamanan di wilayah timur, yang sudah menjadi kotak sumbu ketegangan etnis, telah memburuk tahun ini karena pihak berwenang negara goyah. Keadaan itu memaksa puluhan ribu orang mengungsikan diri dan mengancam kestabilan di seluruh negeri.

Juru bicara kelompok pemberontak Mai-Mai mengatakan pihaknya telah membunuh tiga tentara dalam serangan itu. Seorang juru bicara militer mengatakan salah satu tentaranya serta satu penyerang tewas.

Juru bicara presiden belum dapat dimintai tanggapan.

Mai-Mai terdiri dari sejumlah kelompok bersenjata yang pada awalnya terbentuk untuk melakukan perlawanan atas penyerbuan oleh Rwanda pada 1990-an.

Sejak itu, mereka berubah menjadi kelompok militan dari berbagai etnis, jaringan penyelundup serta kelompok penyedia layanan perlindungan. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Minta Nasihat Kiai, PKS Bersilaturahim ke PWNU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur melakukan silaturahmi dan meminta nasihat ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) setempat sekaligus membahas...

Polres Ngawi Amankan Ribuan Liter Minuman Keras

NGAWI, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Ngawi, Jawa Timur, mengamankan ribuan liter berbagai jenis minuman keras yang siap dijual di wilayah hukumnya hingga membahayakan masyarakat...

Polisi Tangkap Pemuda Mabuk Bawa Dua “Sajam”

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang pemuda berinisial MH (27) warga Desa Ambutun, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, karena gerak-gerik...

Muhaimin Iskandar Minta Didoakan Jadi Wapres Pada 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar secara terbuka meminta didoakan para nelayan dan ibu-ibu di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara,...

Naik Sepeda Motor, Seorang Siswa SMP Tewas Tertabrak Bus

GARUT, SERUJI.CO.ID - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Limbangan menuju Bandung, tepatnya di daerah Cibedug, desa Cigagade. Tabrakan terjadi antara sepeda motor dengan bus...