Dewan Tinggi Libya Desak Pertemuan Guna Akhiri Perpecahan Politik

TRIPOLI, SERUJI.CO.ID – Kepala Dewan Tinggi Negara Libya Khaled Al-Meshri, yang baru dipilih, pada Rabu (11/4) mendesak diadakannya pertemuan darurat dengan Parlemen Libya Timur guna mengakhiri perpecahan politik di negeri tersebut.

Al-Meshri mengatakan di dalam pidato yang ditayangkan televisi bahwa pertemuan dengan Ketua Parlemen yang berpusat di Libya Timur Agila Saleh adalah prioritas guna mempersatukan tim dialog kedua dewan di negeri itu.

Ia juga menyampaikan penyesalan mengenai terus memburuknya situasi keamanan dan ekonomi di negeri tersebut akibat kegagalan beberapa pihak untuk melaksanakan ketentuan dalam kesepakatan itu.

Parlemen Libya Timur, yang berpusat di Tobruk, tidak mensahkan kesepakatan politik yang ditaja PBB dan ditandatangani pada Desember 2015. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Dewan Tinggi Negara dibentuk.

Al-Meshri juga menyebut-nyebut perpecahan lembaga militer dan kedaulatan yang terus terjadi, yang mengakibatkan tak-berfungsinya kekuatan timbal-balik antara Majelis Permusyawaratan Rakyat (Parlemen yang berpusat di Libya Timur) dan Dewan Tinggi Negara.

“Sebagaimana kita sadari betapa seriusnya tahap ini, kami akan mengadakan kontak erat dengan semua pihak yang terlibat dalam penanganan kebijakan keuangan guna menghentikan dihambur-hamburkannya uang masyarakat,” katanya.

Al-Meshri menegaskan ia akan bekerja untuk mengaktifkan keadilan peralihan, dan menyerukan dilancarkannya upaya guna membentuk satu lembaga permanen.

Dewan Tinggi Negara Libya pada Ahad memilih Al-Meshri, pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan dan anggota Ikhwanul Muslimin, sebagai Kepala baru Dewan tersebut, untuk menggantikan Abdarrahman Swehli. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER