450.000 Anak Terancam Kekurangan Gizi Akut di Nigeria

ABUJA, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 450.000 anak terancam kekurangan gizi akut di wilayah timur-laut Nigeria, yang dilanda kerusuhan delapan-tahun kelompok Boko Haram, kata Dana Anak-anak PBB (UNICEF) pada Jumat (29/9).

Wakil Direktur UNICEF Justin Forsythe, yang melakukan kunjungan tiga-hari ke Kota Maiduguri di bagian timur-laut Nigeria, mengatakan kepada wartawan di sana bahwa di antara satu juta anak yang kehilangan rumah akibat kerusuhan, 450.000 anak yang berusia lima tahun di perkirakan menderita kekurangan gizi akut.

Terlebih lagi, sebanyak tiga juta anak dipaksa berhenti sekolah oleh kerusuhan yang dilancarkan Boko Haram.

Forsythe mengatakan kalau berlangsung terus, kerusuhan itu bisa meningkatkan krisis kemanusiaan yang lebih besar.

“Anak-anak di bagian timur-laut hidup dalam ketakutan semacam itu,” kata Forsythe, sebagaimana dikutip Xinhua, Sabtu pagi (30/9).

Pejabat UNICEF tersebut telah mengunjungi Maiduguri, Ibu Kota Negara Bagian Borno di bagian timur-laut Nigeria dan pusat kerusuhan Boko Haram, untuk meminta dukungan lebih besar buat anak-anak di wilayah itu.

Menurut data badan PBB tersebut, lebih dari 2.295 guru telah tewas dan 19.000 meninggalkan tempat tinggal mereka sejak 2009, ketika kerusuhan meletus.

“Hampir 1.400 sekolah telah hancur dan kebanyakan tak bisa dibuka akibat kerusakan parah atau gedung sekolah itu berada di daerah yang masih tidak aman,” kata Forsythe.

Ia mengatakan UNICEF telah mencatat sebanyak 750.000 anak di sekolah tahun ini. Ia menambahkan UNICEF mendirikan lebih dari 350 tempat belajar sementara dan akan membagikan 94.000 paket bahan belajar guna membantu anak-anak memperoleh pendidikan.

Ia mengatakan program penyelamat nyawa yang diperkenalkan oleh badan PBB itu akan mendukung anak-anak di wilayah tersebut dengan jurang pemisah kekurangan dana 40 persen, dan menyeru lebih banyak badan donor internasional agar meningkatkan dukungan mereka. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER