Terpilih Jadi Ketua MK, Anwar Usman Ucapkan Sumpah Jabatan

0
64
Anwar Usman Ketua MK periode 2018 - 2020

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terpilih Anwar Usman mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua MK periode 2018 – 2020 dalam Sidang Pleno Khusus terbuka.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” sumpah Anwar di Gedung MK, Senin (2/4).

Anwar disumpah sebagai Ketua MK menggantikan Arief Hidayat yang telah mengakhiri jabatannya sebagai Ketua MK pada 27 Maret 2018.

Selain Anwar Usman, Hakim Konstitusi Aswanto juga mengucapkan sumpah jabatan sebagai Wakil Ketua MK terpilih yang sebelumnya dijabat oleh Anwar Usman.

Pengucapan sumpah jabatan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menkopolhukam Wiranto, Wakil Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, mantan hakim konstitusi Hamdan Zoelva, Maruarar Siahaan, dan beberapa pejabat negara lain, serta duta besar negara tetangga.

Baik Anwar Usman dan Aswanto terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua MK melalui proses pemungutan suara dalam Rapat Pleno Hakim Konstitusi (RPH) terbuka.

Proses pemungutan suara dilakukan setelah proses musyawarah dalam RPH secara tertutup tidak mencapai mufakat.

Dari pemungutan suara tersebut Anwar memperoleh lima suara, sementara nama lain yang muncul dalam pemungutan suara yaitu Hakim Konstitusi Suhartoyo, memperoleh empat suara.

Sedangkan dalam pemungutan suara untuk jabatan Wakil Ketua MK, Aswanto juga memperoleh lima suara unggul dari Hakim Konstitusi Saldi Isra yang memperoleh empat suara. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...