Pemkot Bekasi Targetkan Bebas Miras Jelang Ramadhan

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan wilayahnya bersih dari keberadaan minuman keras sebelum tiba bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah/2018.

“Kegiatan ini melibatkan unsur Forum Pimpinan Kepala Daerah Kota Bekasi guna merealisasikan target tersebut,” kata Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah di Bekasi, Senin (16/4).

Menurut dia, kesepakatan tersebut merupakan hasil koordinasi antara Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota Indarto, Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi Didi Suhardi, Kepala Pengadilan Negeri Bekasi Sutarto, dan Kepala Komandan Distrik Militer 0507/Bekasi Abdi Wirawan.

“Kami sepakat, sebelum bulan Ramadhan, Kota Bekasi harus zero miras,” katanya.

Upaya yang akan dilakukan ialah membentuk tim aparat gabungan yang akan melakukan penyisiran secara intensif ke tempat-tempat yang biasa menjajakan minuman keras.

“Termasuk warung-warung jamu, karena 95 persen warung jamu yang ada, menjajakan juga minuman keras dan minuman keras oplosan,” katanya.

Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto mengatakan upaya penindakan terhadap penjaja serta produsen minuman keras oplosan juga akan dijerat secara pidana yang sanksi hukumannya lebih berat dari sekadar tindak pidana ringan.

“Dengan jeratan hukum yang lebih berat, kami harap para pelaku usaha minuman keras ini bisa segera menghentikan bisnis ini,” katanya.

Pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan jajaran camat juga lurah di 12 kecamatan dan 56 kelurahan setempat.

“Mereka kami dorong untuk aktif mendata warung-warung juga toko jamu di wilayahnya untuk selanjutnya dilakukan penyisiran,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan segera membahas revisi peraturan daerah seputar minuman keras agar bisa menyertakan sanksi yang bisa menimbulkan efek jera bagi para pelakunya.

“Warung yang menjual miras secara izin dan tidak berizin akan kita datangi. Kita cek satu per satu barangnya. Kalau kedapatan menjual miras tanpa izin, kita tutup,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.