Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen Karyawan BPJS Ketenagakerjaan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap upaya-upaya penipuan terkait lowongan pekerjaan atau rekrutmen karyawan yang mengatasnamakan perusahaan.

BPJS-TK selalu mengumumkan lowongan pekerjaan melalui situs resmi perusahaan yakni rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selain itu, BPJS-TK juga tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses seleksi penerimaan calon karyawan, kata Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz dalam siaran tertulis yang diterima wartawan, Ahad (6/5).

BPJS-TK menemukan sejumlah pengumuman lowongan palsu atau penipuan yang disebar melalui media sosial, katanya.

Menurut Naufal, modus yang dilakukan para pelaku biasanya adalah menyatakan bahwa peserta dinyatakan lulus dan diwajibkan untuk membayar sejumlah uang jika ingin melanjutkan ke tahap rekrutmen dan seleksi berikutnya.

BPJS Ketenagakerjaan, kata dia, memang sedang melakukan proses seleksi karyawan baru untuk ditempatkan di berbagai posisi penugasan pada unit kerja di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan.

Namun, proses seleksi ini tidak dikenakan biaya ataupun perjanjian khusus. BPJS Ketenagakerjaan juga tidak melakukan korespondensi apapun terkait pelaksanaan rekrutmen ini kepada peserta, selain melalui pengumuman di media resmi.

“Kami juga tidak melakukan korespondensi dalam bentuk apapun kepada peserta seleksi apalagi sampai memungut biaya guna menjanjikan kelulusan,” kata Naufal.

Menurutnya, sejak dibukanya proses pendaftaran pada akhir Februari 2018, jumlah pelamar mencapai 128.590 kandidat. Proses seleksi melibatkan konsultan independen yang kredibel dalam proses rekrut dan seleksi.

Dengan begitu, calon karyawan terpilih nantinya merupakan yang terbaik dan memiliki kompetensi sesuai yang butuhkan pihak BPJS-TK.

“Kami pastikan seluruh proses seleksi ini dilakukan secara ‘Fair’ dan transparan. Bila ditemukan penyimpangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, masyarakat dapat langsung melaporkan kepada kami,” kata dia. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER