TNI Tembak Mati Anggota Kelompok Bersenjata di Puncak Jaya Papua

JAYAPURA – Prajurit TNI yang bertugas di Pos Ilaga, Jumat (7/7), melaporkan telah menembak mati anggota kelompok kriminal bersenjata yang juga diduga anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM), sekitar pukul 15.10 WIT di Kampung Kago, Ilaga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Ing Teguh Rahardjo membenarkan hal itu, telah terjadinya insiden penembakan yang menewaskan satu anggota kelompok kriminal bersenjata bernama Beti Murib.

“Memang benar prajurit TNI sudah menembak mati anggota kelompok kriminal bersenjata dan saat dievakuasi juga ditemukan satu pucuk revolver beserta lima butir amunisi kaliber 9 mm,” kata Teguh Rahardjo, seperti dilansir dari Antara.

Insiden itu terjadi beberapa saat setelah prajurit yang bertugas di Pos Ilaga mendengar suara tembakan yang jaraknya sekitar satu kilometer. Kemudian dipertegas dengan laporan masyarakat yang melaporkan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) membawa senjata telah masuk kampung.

“Penembakan itu berawal saat dua prajurit, yakni Praka Wahyu dan Pratu Angga menyusuri sungai. Tiba-tiba korban menodongkan senjatanya ke Pratu Angga sehingga rekannya Praka Wahyu langsung menembaknya,” kata Teguh.

Dari jenazah Beti Murib yang merupakan adik bungsu dari Kalenak Murib, anggota kelompok Legakak Telenggen juga ditemukan telepon seluler dan dompet yang disimpan di dalam noken (tas ayaman khas pengunungan Papua) bermotif bintang kejora.

Kelompok Lekagak Telenggen merupakan salah satu dari kelompok bersenjata di sekitar pedalaman Papua yang tergabung dalam OPM dan ingin memisahkan Papua dari NKRI. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.