Tim Monev Temukan Praktik Pengoplosan Elpiji

MANGAPURA, SERUJI.CO.ID – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Usaha Jasa Minyak dan Gas Bumi Kabupaten Badung, Bali, menemukan praktik pengoplosan gas elpiji saat melaksanakan pemantauan sejumlah tempat usaha gas elpiji, Selasa (22/5).

Kasubag Ketenagakerjaan, ESDM dan Transmigrasi, Bagian Perekonomian Setda Badung, Ni Komang Muliani mengatakan, praktik pengoplosan elpiji tersebut ditemukan oleh tim Monev saat memantau tempat usaha di kawasan Perumahan Darmasaba Permai, Abiansemal, Badung.

“Kami melakukan pemantauan penyaluran elpiji PSO (public service obligation) yang ukuran tiga kilogram. Ternyata di sini kami menemukan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pemilik usaha yang memindah isi gas tiga kg ke tabung berukuran lain,” katanya.

Komang Muliani menjelaskan, dalam temuan tersebut, AA Astawa selaku pemilik usaha memasukkan gas elpiji dari empat tabung gas ukuran tiga kg untuk mengisi satu tabung 12 kg. Sedangkan untuk mengisi tabung 50 kg, pemilik memasukkan gas elpiji yang berasal dari 18 tabung ukuran tiga kg.

“Tindakan tersebut merupakan praktik pengoplosan. Pemilik mengaku sudah melaksanakan kegiatan itu sejak enam bulan yang lalu. Gas Elpiji tabung 3 kg dibeli seharga Rp 17 ribu. Sementara, gas tabung 12 kg dijual seharga Rp 120 hingga Rp125 ribu,” katanya.

Komang Muliani menegaskan, tindakan tersebut merugikan konsumen karena gas tabung berukuran 3 kilogram diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu dan kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Selanjutnya, penanganan kasus ini akan diserahkan ke Polres Badung. Nanti tanda buktinya akan dibawa ke Polres. Yang memproses adalah Polres Badung. Kami hanya memantau dan menyarankan pemilik untuk menghentikan kegiatan ini,” ujarnya.

Komang Muliani menambahkan, pihaknya melakuakan kegiatan pemantauan tersebut secata rutin yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan.

“Praktik pengopolosan gas elpiji pada hari ini merupakan temuan terbesar kami selama ini. selanjutnya, secara rutin kami akan menyasar semua pangkalan, agen, hingga konsumen,” ujarnya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Meminta Maaf Kepada Generasi Yang Hilang

Tanggal 13 Febuari 2008 berlangsung peristiwa penting, di Australia. Melalui pidato Perdana Menteri Kevin Michael Rudd, di hadapan sidang Parlemen, pemerintah Australia secara secara resmi meminta maaf.

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER