close

Pria Penghujat Anies Baswedan Dipolisikan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Joko Purwanto dilaporkan ke Bareskrim Polri karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian dan menghujat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saudara Joko Purwanto dilaporkan karena ia menghujat Gubernur DKI terpilih, yaitu Bapak Anies Rasyid Baswedan,” kata pelapor, Fasran, di Bareskrim Polri, kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/12).

Fasran menilai kata-kata yang dilontarkan Joko tidak pantas. Dalam pelaporannya, Fasran juga menyertakan bukti-bukti ke polisi berupa suntingan berita dari media online, artikel koran, dan video YouTube.

Sementara itu, kuasa hukum Fasran, Djamaludin Koedoeboen, menambahkan kata-kata tak pantas itu dikeluarkan Joko saat mendemo Balai Kota pada Kamis (29/11).


“Saudara Joko yang berdemo bersama massa Gerakan Jaga Indonesia melontarkan ucapan tak pantas saat meminta Pak Anies Baswedan untuk tidak mengeluarkan izin acara Reuni 212 di Monas,” ujar Djamaludin saat mendampingi kliennya di Bareskrim Polri.

“Mereka menghendaki agar Pak Anies tidak memberikan izin acara 212 itu, karena mereka menduga acara itu sebuah kegiatan makar yang nanti memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa. Itulah bodohnya mereka terlalu cepat beropini dan berkesimpulan,” imbuhnya.

Ia mengatakan Brigade 08 DKI juga merasa tersinggung karena Reuni 212 disebut kegiatan makar.

“Teman-teman dari Brigade 08 ini merasa tersinggung, mereka tidak terima. Hampir semua daerah mendesak DKI Jakarta untuk bersikap. Kalau nggak, mereka yang bersikap. Maka teman-teman (Brigade 08) Jakarta menganggap perlu untuk melaporkan persoalan ini,” terangnya.

Laporan dari Brigade 08 DKI diterima dengan Nomor Laporan: LP/B/1600/XII/2018/BARESKRIM.

Brigade 08 DKI melaporkan Joko Purwanto atas dugaan melakukan ujaran kebencian, menghasut, menghujat, dan memprovokasi masyarakat sehingga menimbulkan keonaran yang ditujukan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Joko dijerat dengan Pasal 156 jo Pasal 157 jo Pasal 160 KUHP dan Pasal 14 jo Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi