Posting Hasil Curian di Facebook, Polisi Mudah Ringkus Pencuri

0
45
Facebook
Membaca berita di Facebook (ilustrasi)

PALU, SERUJI.CO.ID – Aparat Polres Palu meringkus AR (44) seorang buruh bangunan dan temannya RF (24) pekerja swasta dengan tuduhan mencuri barang-barang elektronik setelah mereka menyiarkan di facebook barang-barang hasil curian mereka.

“Niat mereka memang mau menjual hasil curian mereka melalui media sosial, namun tindakan itu menjadi petunjuk bagi polisi untuk menangkap para pelaku,” kata Kapolres Palu AKBP Mujianto di Palu, Selasa (13/2).

Kapolres menjelaskan bahwa pada hari Sabtu (10/2) sekitar pukul 10.00 Wita, Satreskrim Polres Palu menerima pengaduan dari masyarakat yang kehilangan telepon seluler di Lapangan Vatulemo Palu, depan Balai Kota Palyu.

Sekitar pukul 15.00 Wita, polisi mendapat info bahwa handphone korban yang hilang tersebut telah di posting di info jual beli kota Palu, oleh akun facebook dengan inisial IX.

Dari informasi tersebut, kata Kapolres, anggota Polres Palu bekerja sama dengan jajaran Polsek Palu Timur mencari pemilik akun FB dan berhasil mengetahui pemilik akun yang telah memposting barang elektronik yang diduga hasil curian tersebut.

“Anggota melakukan interogasi terhadap pemilik akun fb tersebut, dan yang bersangkutan mengaku disuruh menjual ponsel itu oleh mertuanya sendiri yang bernama AR, sementara AR menunggu di kos,” jelasnya.

Mendapat info tersebut, anggota Polres Palu langsung bergerak ke tempat kos pelaku dan mengamankan pelaku lalu membawanya ke kantor Polres Palu untuk dimintai keterangan.

“Pelaku kemudian mengakui bahwa selama ini ia telah pelaku melakukan beberapa kali pencurian di daerah Jalan Balai Kota dengan cara mengangkat sadel motor dan mengambil barang milik korban yang tersimpan di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Kapolres, pelaku mengaku telah melakukan pencuriannya sebanyak 11 kali di TKP yang sama dengan barang bukti yang pernah dicuri seperti ponsel Samsung tab 3 warna putih, hp xiaomi, Samsung note 5, Samsung J1 warna putih, hp xiaomi warna hitam, hp Samsung J2, Samsung J7, Samsung grand prime, Oppo F1s, Oppo F1s, dan HP Oppo A37.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1 unit Hp Samsung Galaxy tab 3 warna putih, dan 1 unit sepeda motor merk honda scoopy warna merah.

Kapolres menghimbau masyarakat agar lebih waspada karena pencurian seperti ini sudah sering sekali terjadi.

“Mari bersama-sama menutup peluang dan ruang gerak para pelaku kejahatan melakukan aksinya. Jadilah polisi bagi diri sendiri,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Kampanye di Kota Banjar, Ridwan Kamil Blusukan ke Pasar

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Tanpa didampingi Calon Wakil Gubernur Uu Ruzanul Ulum, Ridwan Kamil, Calon Gubernur Jawa Barat, blusukan ke pasar Banjar, Jawa Barat,...

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...