Polsek Pelabuhan Gilimanuk Sita Ribuan Butir Obat Kuat Ilegal

BALI, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Sektor Kawasan Laut Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, menyita ratusan ribu butir obat kuat ilegal yang diselundupkan ke Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk.

“Obat kuat itu kami sita karena tidak ada izin Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada kemasannya. Penyitaan ini merupakan hasil pemeriksaan terhadap barang, kendaraan dan orang yang masuk Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk,” kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Komisaris Nyoman Subawa di Negara, Selasa (10/4).

Ia mengatakan, obat kuat itu disimpan dalam 16 kotak kardus besar yang dikirim ke Bali menggunakan jasa mobil ekpedisi yang dikemudikan FWN, asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurutnya, saat mobil itu turun dari kapal, seperti kendaraan lainnya harus menjalani pemeriksaan yang dipimpin Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kawasan Laut Gilimanuk Ajun Komisaris Komang Muliyadi, di lokasi parkir yang sudah disediakan.

Saat membongkar muatan mobil tersebut, ia mengatakan, ditemukan obat kuat merek Cobra X yang sudah dilarang beredar oleh BPOM karena mengandung bahan kimia berbahaya.

“Bahan kimia itu berbahaya bagi pemakainya karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian,” kata Muliyadi.

Selain jamu, ia mengatakan, dalam mobil yang sama juga ditemukan satu kucing yang dilarang dibawa masuk ke Bali karena potensial membawa penyakit mematikan.

Menurutnya, untuk menangani obat kuat yang hendak dikirim ke Denpasar itu pihaknya berkoordinasi dengan BPOM, sementara untuk kucing diserahkan ke Kantor Karantina Hewan Wilayah Kerja Gilimanuk. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Petani dan Musim Semi

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda

Kemcer Di Curug Cipeteuy