Polsek Pelabuhan Gilimanuk Sita Ribuan Butir Obat Kuat Ilegal

0
76
  • 1
    Share
Obat tradisional ilegal
Obat tradisional ilegal

BALI, SERUJI.CO.ID – Kepolisian Sektor Kawasan Laut Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, menyita ratusan ribu butir obat kuat ilegal yang diselundupkan ke Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk.

“Obat kuat itu kami sita karena tidak ada izin Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada kemasannya. Penyitaan ini merupakan hasil pemeriksaan terhadap barang, kendaraan dan orang yang masuk Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk,” kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Komisaris Nyoman Subawa di Negara, Selasa (10/4).

Ia mengatakan, obat kuat itu disimpan dalam 16 kotak kardus besar yang dikirim ke Bali menggunakan jasa mobil ekpedisi yang dikemudikan FWN, asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurutnya, saat mobil itu turun dari kapal, seperti kendaraan lainnya harus menjalani pemeriksaan yang dipimpin Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kawasan Laut Gilimanuk Ajun Komisaris Komang Muliyadi, di lokasi parkir yang sudah disediakan.

Saat membongkar muatan mobil tersebut, ia mengatakan, ditemukan obat kuat merek Cobra X yang sudah dilarang beredar oleh BPOM karena mengandung bahan kimia berbahaya.

“Bahan kimia itu berbahaya bagi pemakainya karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian,” kata Muliyadi.

Selain jamu, ia mengatakan, dalam mobil yang sama juga ditemukan satu kucing yang dilarang dibawa masuk ke Bali karena potensial membawa penyakit mematikan.

Menurutnya, untuk menangani obat kuat yang hendak dikirim ke Denpasar itu pihaknya berkoordinasi dengan BPOM, sementara untuk kucing diserahkan ke Kantor Karantina Hewan Wilayah Kerja Gilimanuk. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU